Dalam upaya menjamin stabilitas keamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia Sektor Barat, Satgas Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan kegiatan patroli keamanan di Dusun Saparan, Desa Kumba, Kec. Jagoi Babang, Kab. Bengkayang. Rabu (02/02/2022).


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau.


Patroli Keamanan yang dilaksanakan untuk menciptakan rasa aman pada masyarakat dan menghindari adanya kegiatan ilegal yang melanggar hukum. 

Kegiatan Patroli Keamanan yang dilaksanakan oleh pos Saparan di sekitar Jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) Dusun Saparan dilakukan secara rutin yang merupakan tanggung jawab sekaligus pengabdian yang harus dikerjakan dengan tulus dan ikhlas demi menjaga tegaknya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar Dansatgas.


"Kami rutin menggelar patroli keamanan dengan waktu yang variatif, hal tersebut dilakukan dalam upaya menjamin keamanan dan mencegah terjadinya kegiatan ilegal di wilayah perbatasan RI-Malaysia," tutur Dansatgas.


Sementara Danpos Saparan Lettu Inf Dade Setiawan mengatakan kegiatan patroli keamanan itu bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sekitar Pos  sehingga warga bisa menjalankan aktivitas sehari- hari dengan tenang.


"Ada beberapa jalur tidak resmi yang bisa digunakan sebagai akses langsung menuju negara Malaysia, ada jalur tradisional dan juga jalur transportasi bagi perusahaan sawit namun semenjak Pandemi Covid-19 ini jalur tersebut ditutup dan kita tidak menginginkan masih ada yang mencoba menggunakan jalan tersebut apalagi untuk digunakan kegiatan ilegal lainnya yang berbau hukum," ujar Danpos. 


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643/Wns

(Media Baru TVRI Kalbar)