Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., mengecek kesiapan pasukan yang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Batalyon Infanteri 645/Gardatama Yudha di Lapangan Apel Mayonif 645/Gty, Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (12/2/2022).


Kegiatan pengecekan diawali dengan menerima paparan dari Danyonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H., terkait situasi dan kondisi di daerah penugasan. Selanjutnya Kasdam XII/Tpr memeriksa kesiapan personel dan materiil.


Pemeriksaan meliputi kesiapan di bidang Intelijen, bidang Operasi, bidang Minlog, bidang teritorial, Alkom, Alkes serta obat-obatan, sarana dan prasarana  kelengkapan (protap) dan kesiapan prajurit serta kendaraan dinas yang akan dibawa ke medan operasi.


Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari saat membacakan amanat Pangdam XII/Tpr menyampaikan, Operasi Pamtas Darat RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat diselenggarakan dalam rangka untuk mendukung tugas pokok TNI khususnya tentang pengamanan perbatasan.


"Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kelancaran penugasan perlu dilaksanakan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan sejauh mana kesiapan menghadapi tugas tersebut, sehingga bila terdapat kekurangan dapat segera diperbaiki dan dilengkapi," kata Kasdam XII/Tpr. 


Mewakili Pangdam XII/Tpr dan atas nama pribadi, orang nomor dua di Kodam XII/Tpr ini mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif 645/Gty yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI AD, bangsa dan negara untuk melaksanakan penugasan. 


"Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan tugas mulia, untuk itu laksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga Operasi Pengamanan Perbatasan Darat  RI-Malaysia di wilayah Kalbar dapat berhasil dan berdaya guna," tegas Brigjen TNI Djauhari.


Sebagai informasi, selama dalam kegiatan pemeriksaan kesiapan operasi di Yonif 645/Gty, Kasdam XII/Tpr didampingi oleh para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam XII/Tpr. 


Sumber : Pendam XII/Tpr

(Media Baru TVRI Kalbar)