Sebelum menerjunkan personel ke wilayah binaan dalam percepatan pencapaian ketahanan kelompok atau herd immunity serta Antisipasi penularan Covid-19 varian baru (omicron). Kodim 1206/Putussibau melaksanakan swab rapid test di Makodim 1206/Psb, Jum'at (11/2/2022).


Kegiatan swab rapid test dilakukan oleh Poskes Kodim 1206/Psb di Jalan Piere Tendean, Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 


Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kesehatan personel Kodim 1206/Psb guna melindungi baik TNI dan PNS dari risiko tertular virus corona varian baru (omicron)," ujar Dandim 1206/PSB Letkol Inf Jemi Oktis Oil S.I.P, di Makodim 1206/Psb.


Lanjut mengatakan, Herd Immunity atau kekebalan kelompok merupakan situasi dimana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu atau Covid-19. 


"Kekebalan kelompok menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect) terhadap kelompok masyarakat rentan yang bukan sasaran vaksinasi. Mereka ikut terlindunginya bila cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata," jelasnya.


"Swab Rapid test antigen sebagai upaya untuk meyakinkan bahwa seluruh personel Koramil, Kodim dan PNS sehat dan tidak tertular Covid-19. Terlebih mobilitas personel Kodim 1206/Psb cukup tinggi dalam melakukan aktivitas pembinaan teritorial dan pembinaan pengamanan, tes hari ini dinyatakan dengan hasil secara keseluruhan negatif," terangnya.


“Saya rasa swab rapid test antigen ini penting bagi seluruh anggota TNI dan PNS Kodim 1206/Psb karena mobilitasnya sangat tinggi di wilayah”, tutup Dandim 1206/Psb.


Sumber : Pendam XII/Tpr

(Media Baru TVRI Kalbar)