Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Bangun Jamban Di Rumah Ketua Adat


Personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns membangun jamban/ WC di rumah Ketua Adat Sungai Bening di Desa Sungai bening, Kec. Sajingan Besar Kab. Sambas. 


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau pada Rabu (09/02/2022).


Dansatgas mengatakan kegiatan pembuatan jamban ini dipimpin langsung oleh Danpos Sungai Bening Sertu Rail dan 6 orang anggota lainnya bersama warga sekitar yang sama-sama bekerja untuk membuat jamban di rumah Ketua Adat Sungai Bening, Jaili, yang bertempat di desa Sungai Bening, Kec. Sajingan Besar.


Kegiatan ini merupakan bentuk impementasi pelaksanaan tugas pokok, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan melaksanakan serbuan Teritorial dalam bentuk pemberdayaan wilayah pertahanan (PWP) melalui kegiatan Komsos dan Karya Bakti khususnya di wilayah perbatasan RI – Malaysia, guna membantu, mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah perbatasan.


Dengan kegiatan tersebut, diharapkan akan terbentuk kemanunggalan TNI-Rakyat serta terpeliharanya nasionalisme guna meningkatkan ketahanan wilayah dalam rangka menjaga NKRI.


“Dengan adanya program ini setidaknya dapat menggugah masyarakat perbatasan agar semakin meningkatkan kesadaran pentingnya hidup sehat dengan sanitasi yang sehat,” ujar Dansatgas.


Ditempat terpisah Danpos Sungai Bening sertu Rail mengatakan kegiatan pembangunan jambanisasi ini sebagai kepedulian Satgas Pamtas terhadap Tokoh Adat dan juga lingkungan disekitar pos Sungai Bening sehingga diharapkan tercipta lingkungan yang sehat, bersih, asri dan nyaman.


“Kami akan terus membantu warga sekitar yang belum mempunyai jamban, akan kami buatkan jamban sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” ucap Danpos.


Sementara itu, Jaili selaku Tokoh Adat penerima bantuan pembuatan jamban, mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Sungai Bening.


"Dengan adanya Bapak TNI disini yang sudah membuatkan jamban buat kami yang kurang mampu, tentunya sangat berguna bagi kesehatan kami, karna jamban ini adalah suatu kebutuhan kami disini dan dengan adanya jamban ini, saya bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643/Wns

(Media Baru TVRI Kalbar)













0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .