Sebagai salah satu wujud upaya memelihara keimanan serta ketaqwaan umat muslim di wilayah Perbatasan RI-Malaysia, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns membantu memperbaiki plafon Masjid Al-hidayah di Dusun Lubuk Sabuk, Desa Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Selasa (08/02/2022).


Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengungkapkan 2 orang personel pos Lubuk Tengah dipimpin Danpos Sertu Yusuf membantu memperbaiki plafon Masjid Al-Hidayah setelah melihat kondisi atap plafon masjid yang sudah rusak, dikhawatirkan bisa roboh sewaktu-waktu dan beresiko bagi warga yang akan melaksanakan ibadah.


"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns tentang wujud nyata dari pembinaan mental rohani prajurit dan masyarakat serta mengajarkan arti penting dari gotong royong kepada masyarakat Dusun Lubuk Sabuk yang merupakan wilayah binaan Pos Lubuk Tengah. Dengan renovasi ini, kita harapkan dapat menghadirkan masjid yang indah dan nyaman dalam mendukung kegiatan ibadah", terang Dansatgas.


Hal senada juga disampaikan Danpos Lubuk Tengah Sertu Yusuf mengatakan dengan kegiatan karya bakti bersama masyarakat akan semakin menumbuhkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat dan menunjukkan bahwa kehadiran personel Satgas tidak hanya bertugas menjaga perbatasan, namun membantu kesulitan masyarakat melalui kegiatan teritorial.


"Hal ini juga untuk meningkatkan toleransi dan tali silahturahmi antara personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan Tokoh Agama dan warga selama bertugas di daerah perbatasan", ujarnya.


Sementara salah seorang waarga Munir (53) selaku Ketua Masjid Al-hidayah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns  dalam kegiatan renovasi tersebut.


“Keberadaan Personel Satgas di kampung kami memberikan warna tersendiri bagi masyarakat. Banyak kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh personel Satgas kepada masyarakat,” kata Munir.


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643/Wns

(Media Baru TVRI Kalbar)