50 Hektare Lahan Gambut di Desa Semparong Terbakar, Babinsa Koramil Sungai Kunyit, Berjibaku Ikut Padamkan Api


Hari ke dua kebakaran hutan dan lahan di Dusun hidayah, Desa Semparong, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah menghanguskan kurang lebih 50 hektare. Babinsa Koramil 04/Sungai Kunyit Praka Yudi Hidayat bersama Tim Pemadam Kebakaran Daerah dan Babinkamtibmas dibantu masyarakat berjibaku memadamkan api di perkebunan karet dan kebun nanas milik warga.


Babinsa Koramil 04/Sungai Kunyit Praka Yudi Hidayat mengatakan, titik api cepat membesar karena kondisi lahan gambut  yang kering ditambah angin kencang, sehingga merambat ke perkebunan warga.


"Beruntung dilokasi masih terdapat parit aliran air sungai, sehingga tim pemadam berangsur dapat menjinakkan api," ucap Praka Yudi saat di lokasi Rabu, (30/03/2022).


Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus memantau situasi dan perkembangan kebakaran yang menghanguskan 50 Hektare lahan milik warga.


"Dua hari ini ada 25 warga yang sudah melapor atas kepemilikan lahan yang sudah terbakar, selama terjadinya Karhutla di Desa Semparong catatan kami ada 50 hektare di lahan perkebunan milik warga yang ditanami pohon karet dan nanas," terangnya.


Sementara itu Kepala Dusun Hidayah Sapriadi menuturkan, pada awalnya dipagi hari terlihat asap terbawa angin hingga ke pemukiman warga sepertinya ada kebakaran.


"Kami lihat sumber datangnya asap tersebut dan diketahui api sudah membesar di lahan gambut dengan cepat api membakar lahan gambut dan kebun warga yang tidak diketahui dari mana asal titik api muncul, saya bersyukur atas bantuan Babinsa pak Yudi, Babinkamtibmas pak  Aguswanto dan BPBD mempawah, serta masyarakat sekitar yang memadamkan api dari kemarin sampai sekarang," semoga api ini dapat dipadamkan dengan maksimal," ujar Kepala Dusun.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .