Babinsa Jongkat Dampingi Tim Deputi BRGM Sosialisasikan Pemulihan Ekosistem Gambut


Koptu Dana Mahendra, Babinsa Koramil 1201-01/Jongkat jajaran Kodim 1201/Mph mendampingi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Kabupaten Mempawah yang diselenggarakan di Kantor Desa Purun Besar, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Selasa (22/3/2022).


Koptu Dana Mahendra mengatakan tujuan dari sosialisasi tersebut adalah mengajak masyarakat tingkat tapak desa untuk mengubah perilaku masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan gambut tanpa bakar.


"Yaitu dengan menggelar Sekolah Lapangan yang meliputi kegiatan pelatihan edukasi dan evaluasi," kata Koptu Dana.


Sementara itu, pada saat menyampaikan materinya, Tim Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM Anggi Gustiani mengatakan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI-Polri serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan yang lainnya.

Pasalnya, pengurangan risiko bencana mencakup tiga elemen dasar, yaitu lingkungan hidup, ekonomi dan sosial.


“Kita memerlukan kolaborasi efektif, tidak hanya dikerjakan pemerintah pusat saja tapi juga perlu melibatkan pemerintah daerah dan pemerintah desa, LSM, maupun masyarakat,” ujar Anggi Gustian.


“Restorasi gambut menjadi upaya pengurangan bencana, di mana harus masuk dalam wacana besar ketika melaksanakan pembangunan. Kami belajar banyak dari pengalaman jatuh bangun selama 5 tahun terakhir untuk mengupayakan agar kegiatan restorasi gambut menyelaraskan ekonomi dan sosial hingga di tingkat tapak,” tambahnya.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .