DANPOM LANTAMAL XII PEMATERI BELA NEGARA DI IKIP PGRI KOTA PONTIANAK


Danpom Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Musa H,Sitorus mewakili Danlantamal XII Pontianak, guna memenuhi undangan dari SESCO (Smart English Student) di IKIP PGRI Pontianak sebagai pemateri BELA NEGARA bertempat di Aula Perpustakaan IKIP PGRI Pontianak, Sabtu (26/03/2022).


Dalam kesepatan tersebut Danpom Lantamal XII, hadir bersama beberapa orang prajurit Lantamal XII selanjutnya memberikan materi Bela Negara yang didahului dengan pengenalan tentang Tentara Nasional Indonesia dan khususnya TNI AL. Kemudian mensosialisasikan bagaimana menjadi Perwira PK TNI Angkatan Laut kepada Mahasiswa/Mahasiswi IKIP PGRI Pontianak. 


Danpom Lantamal XII sebagai pemateri Bela Negara juga memberikan beberapa games tentang kebersamaan dan kepemimpinan guna mencairkan suasana ketegangan “Ice Breaking”, kemudian memberikan pokok-pokok Bela Negara yaitu  yang dimaksud dengan Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara.  Bela Negara terkait erat dengan terjaminnya eksistensi NKRI dan terwujudnya cita-cita bangsa sebagaimana termuat dalam Pembukaan UUD RI tahun 1945 yakni : melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.


Tujuan Bela Negara, kata Danpom Lantamal XII, antara lain mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, serta menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara. Sementara itu fungsi Bela Negara antara lain mempertahankan negara dari berbagai ancaman,  serta menjaga keutuhan wilayah negara, merupakan kewajiban setiap warga negara.

 

Sikap Bela Negara juga memiliki manfaat untuk membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lain, membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan dan membentuk mental dan fisik yang tangguh serta keimanan dan taqwa pada agama yang dianut masing-masing individu. 


"Selain itu  menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan diri, melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok dan berbakti pada orang tua, bangsa, dan agama. Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin serta membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama", ujar Danpomal.


Seluruh peserta yang mengikuti dengan antusias setiap materi yang diberikan, dan acara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka, yang dipimpin oleh Kowal Serda Fadila.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)






0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .