Dorong Pengembangan Ekraf, Disporapar Sanggau Gelar Pelatihan Perfilman


Dalam upaya mendorong berkembangnya kualitas dan kuantitas SDM ekonomi kreatif bidang perfilman, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau melaksanakan pelatihan ekraf sektor perfilman di Garden palace Kota Sanggau, Kecamatan Kapuas. Rabu (16/3/2022).


Saat membuka kegiatan tersebut, Kadisporapar Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Nugraha Suhardjo, S.H., M.Si mengatakan, pelatihan yang digelar bertujuan untuk menstimulus pergerakan kreativitas SDM generasi "Z" dalam mengemas video pendek tentang produk-produk yang bernilai ekonomis. Karena menurutnya, kondisi pandemi saat ini sempat membuat lesu geliat ekonomi kecil menengah diberbagai sektor termasuk sektor pariwisata.


"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah keterampilan pelaku usaha serta mengembangkan produksi perfilman masing-masing peserta menjadi lebih baik dimasa mendatang", katanya.



Ia yakin, dengan meningkatnya pemahaman dan refrensi para pelaku konten kreator maka akan berdampak kepada peningkatan ekonomi di Kabupaten Sanggau akan bangkit kembali.

Untuk itu, pihaknya menghadirkan pemateri dari pegawai TVRI Kalimantan Barat, M. Arman yang sehari-hari berprofesi sebagai produser.



Peserta pelatihan yang terdiri dari kaum muda yang tergabung dalam komunitas videografi ini, memiliki masing-masing karakter dan gaya dalam mengemas video konten sebagai hasil kreasi. Namun pada dasarnya memiliki kesamaan visi untuk mempromosikan produk-produk khas dan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Sanggau.


Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata, Deny Reynaldy, S.T., M.Eng menambahkan, pelatihan tersebut akan memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kualitas hasil video konten yang diproduksi. Selain itu penggiat film dan konten saat ini, lanjutnya, mendapat keuntungan dari akun media sosial jika ditekuni dengan baik. Hal tersebut secara bersamaan juga akan membawa nama Kabupaten Sanggau lebih dikenal ditingkat Nasional.



"Multiplier effect akan muncul, karena saat ini pengelolaan media sosial diberbagai platform sangat efektif sebagai sarana promosi, khususnya pada sektor ekraf ini", ujarnya.


Pelatihan ekraf sektor perfilman ini akan berlangsung selama dua hari hingga kamis (17/3) dengan berbagai konsep materi yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi saat ini.


Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)

0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .