Empat Hektare Lahan Kosong di Anjungan Dalam Terbakar


Kebakaran lahan terjadi di Desa Anjungan Dalam, Kecamatan Anjungan, Kabupaten Mempawah, Jumat (25/3/2022) siang.

Aparat gabungan dari Koramil Sungai Pinyuh, Kodim 1201/Mph dan Polsek Anjungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan kosong.


Batituud Koramil Sungai Pinyuh, Serma Dian Nuswantoro mengungkapkan belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Pihaknya bersama Polsek setempat tengah menyelidiki ihwal kebakaran.


"Masih kami selidiki, apakah sengaja dibakar atau karena ada kelalaian dari oknum disekitar lokasi kejadian," ujar Serma Dian Nuswantoro.


Dia menjelaskan, lahan yang terbakar lebih kurang empat hektare. Lokasi lahan terbakar jauh dari sumber air, sehingga upaya pemadaman cukup sulit.


"Tapi beruntung, dengan mesin pemadam seadanya, api berhasil dipadamkan sebelum menyebar lebih luas kelahan lainnya," ucapnya.


Ia mengimbau warga Anjungan Dalam agar melapor bila kejadian serupa terulang. Dikatakannya, laporan warga akan sangat membantu pemerintah untuk mencegah bencana kabut asap yang mengintai setiap musim kemarau.


"Hati-hati, api kecil saja bisa membesar kalau musim kemarau. Kami minta agar kita bisa sama-sama jaga wilayah ini dari kebakaran," pungkas Serma Dian.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)


0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .