GUBERNUR KALBAR : MANFAATKAN MASJID SEBAGAI TEMPAT KAJIAN KEISLAMAN


 

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., meresmikan Masjid Ramadhan yang berlokasi di Jalan Parit Haji Husin II, Kelurahan Bangka Belitung Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Sabtu (26/3/2022) malam.


Turut hadir Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak sekaligus Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T., Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPRD Kota Pontianak, tokoh masyarakat Kota Pontianak, dan jamaah Masjid Ramadhan.

Ketua Lembaga Masjid Ramadhan, H. Syarief Abdullah Alkadrie, S.H., M.H., merasa sangat bersyukur proses pembangunan masjid bisa rampung dan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat.


"Kami tentu merasa bersyukur dengan selesainya pembangunan masjid ini. Peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Bapak Sutarmidji yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Pontianak. Alhamdulillah, sekarang beliau juga yang meresmikan masjid ini. Tetapi, dengan jabatan sebagai Gubernur Kalbar. Saat itu, Pak Edi Kamtono juga hadir dan masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Pontianak, malam ini beliau hadir sebagai Wali Kota Pontianak. Mudahan-mudahan Gubernur Kalbar dan Walikota Pontianak selalu diberikan kesehatan, serta tetap melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang," ucap H. Syarief Abdullah.


Anggota Komisi V DPR RI tersebut juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan Masjid Ramadhan. 


“Meskipun terasa berat di awal pembangunan, akhirnya seluruh proses pembangunan dan penghimpunan dana sangat diberikan kemudahan. Masjid ini sudah dirancang dengan pondasi untuk 3 lantai, bahkan hingga 4 lantai. Saat ini masih 2 lantai, jika nanti dipandang perlu untuk ditingkatkan, maka tinggal meneruskan pembangunan ke atas saja," ujar Ketua Lembaga Masjid Ramadhan.


Para jamaah Masjid Ramadhan diharapkan untuk selalu memakmurkan masjid yang baru selesai dibangun tersebut.


"Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Sudah selayaknya masjid ini selalu ramai dengan para jamaah. Alhamdulillah, selama ini masjid kita selalu ramai," tutup Syarief Abdullah.


Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat memberikan apresiasi kepada seluruh jamaah yang kompak menyukseskan pembangunan Masjid Ramadhan.


"Sebagai momentum jelang masuknya bulan Ramadhan, mudah-mudahan para jamaah Masjid Ramadhan bisa menjalankan seluruh amaliah Ramadhan dengan khusyuk dan terbaik sepanjang hidup," ujar H. Sutarmidji.


Keberadaan masjid diharapkan Gubernur Kalbar juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kajian-kajian keislaman.


"Mudahan-mudahan bulan puasa tahun ini kita diberikan kesehatan agar lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan amalan sunnah lainnya," pinta Gubernur Kalbar.


Di kesempatan yang sama, Wali Kota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono M.T., memberi saran kepada panitia pembangunan masjid untuk mempercantik sekitar bangunan masjid dengan ornamen lampu hias, termasuk melakukan penataan pohon untuk menambah keasrian dan memberikan kesan teduh.


"Saya lihat bagian depan masjid belum tahap finishing (penyelesaian). Mudah-mudahan bisa ditata lebih baik lagi, sehingga lebih menarik dan membuat para jamaah betah saat beribadah,” harap Ketua DMI Kota Pontianak. 


Peresmian Masjid Ramadhan diakhiri dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat dan pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Pontianak. (aws)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .