Hingga Malam Hari, Babinsa Koramil Sungai Pinyuh Kesulitan Padamkan Kebakaran Lahan


Kebakaran lahan gambut yang berada di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah yang telah terbakar sejak tiga hari lalu, masih belum bisa dipadamkan. Bahkan hampir mendekati pemukiman warga.


Para Babinsa Koramil 1201-02/Sp bersama instansi terkait dan masyarakat sekitar hingga Senin (28/3) malam masih kesulitan melakukan upaya pemadaman api didua lokasi kebakaran lahan gambut tersebut.


Sulitnya dilakukan pemadaman api karena dipengaruhi faktor angin kencang dan teriknya panas matahari.


Hal tersebut disampaikan Batih Tuud Koramil Sungai Pinyuh saat dikonfirmasi Media pada Senin malam pukul 21:00 WIB, (28/3/2022).


Total luas lahan yang terbakar di Desa Galang, kata dia, hingga berita ini diturunka mencapai kurang lebih empat hektare.


Ia juga menjelaskan, faktor lain yang menyebabkan terhambatnya upaya pemadaman api di lokasi kebakaran karena sumber air yang terbatas dan akses ke lokasi yang sulit mendatangkan armada pemadam kebakaran.


Sebagai solusi, kata dia, petugas mengerahkan mesin air dan pipa yang panjang ke lokasi kebakaran lahan dengan harapan agar dapat memadamkan kobaran api, agar tidak semakin meluas.


"Hingga senin, masih terlihat beberapa titik api kecil di lokasi kebakaran lahan gambut. Apabila terjadi angin kencang pada malam hari, tidak menutup kemungkinan api akan kembali membesar,” pungkas Serma Dian.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .