Kebakaran lahan di Dusun Hidayah, Desa Semparong, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah meluas. Pada hari ke dua kebakaran, kurang lebih 50 hektare lahan dilahap api.


Danramil Sungai Kunyit, Kodim 1201/Mph, Kapten Inf. Mino menyebut, lahan yang terbakar adalah perkebunan warga. Bersama warga setempat, kata Mino, hingga saat ini proses pemadaman dan lokalisir api agar tidak meluas terus berlangsung.


"Titik api cepat membesar karena membakar lahan gambut yang kering ditambah angin kencang, sehingga merambat ke perkebunan warga," ujar Kapten Inf. Mino, Rabu (30/3/2022).


"Beruntung dilokasi masih terdapat parit aliran air sungai, sehingga tim pemadam berangsur dapat menjinakkan api," tambahnya.


Dikatakan, pihaknya terus memantau situasi dan perkembangan kebakaran yang telah menghanguskan 50 hektare lahan warga.


"Dua hari ini ada 25 warga yang sudah melapor atas kepemilikan lahan yang sudah terbakar, selama Karhutla di Desa Semparong, catatan kami ada 50 hektare di lahan perkebunan milik warga yang di tanami pohon karet dan nanas," terangnya.


Sementara itu. Kepala Dusun Hidayah, Sapriadi menuturkan, kebakaran diketahui pagi kemarin.


"Kami lihat sumber datangnya asap tersebut dan di ketahui api sudah membesar di lahan gambut dengan cepat api membakar lahan gambut dan kebun warga yang tidak di ketahui dari mana asal titik api muncul. Saya bersyukur atas bantuan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan BPBD Mempawah, serta masyarakat sekitar yang memadamkan api dari kemarin sampai sekarang," ucap Sapriadi.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)