Lahan Gambut Sulit Dipadamkan, Babinsa Sungai Pinyuh Lakukan Berbagai Macam Teknik Peyemprotan 


Berbagai cara dilakukan Anggota Koramil 1201-02/Sungai Pinyuh bersama Kepolisian dan BPBD untuk memadamkan api kebakaran lahan di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah. 


Kondisi kebakaran lahan semak belukar di wilayah ini cukup parah. Hal ini yang dapat menimbulkan kabut asap.


Tetapi, petugas punya beberapa cara untuk memadamkan api di lahan tanah gambut kering tersebut seperti yang disampaikan Serka Junus Butar Butar. 


"Penyiraman kami lakukan hingga ke dasar di buat seperti bubur, sampai tidak ada keluar asap lagi. Cara ini cukup efektif," ungkapnya, Kamis (31/03/2022).


Kemudian, untuk mencegah meluasnya kebakaran, Tim berupaya menyekat kepala api dengan cara membasahi semak belukar dan gambut.


"Penyekatan kami lakukan dikepala api, supaya tidak meluas. Jadi, semak-semak kami siram dan juga membasahi gambut," sambung Serka Junus Butar Butar.


Akan tetapi, dia mengakui, ada titik api yang tidak bisa dijangkau, karena tidak ada akses jalan. Jika dipaksakan, dikhawatirkan petugas terkepung api.


"Tadi ada titik api baru muncul. Tapi, akses ke sana tidak ada. Semaknya cukup tinggi dan padat. Kabut asap dilokasi cukup parah," katanya lagi.


Kendala lainnya, tambah dia, kondisi cuaca sangat panas dan angin kencang, sehingga api cepat meluas.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .