LANTAMAL XII MENGGELAR PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1443 H/2022 MASEHI


Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, dengan didampingi Ketua Korcab XII DJA I  Ny. Reni Suharto dan Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Kadis Kasatker jajaran Lantamal XII dan seluruh prajurit Lantamal XII serta pengurus Korcab XII DJA I mengikuti peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H/ 2022 Masehi yang dilaksanakan di Gedung Sebaguna Malayahati Mako Satrol Lantamal XII, Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak, Jumat (18/03/2022).


Peringatan Isra Mi'raj Tahun 1443 H/2022 M yang dilaksanakan oleh Lantamal XII menghadirkan Penceramah Ustadz Solihin HZ. S.Ag., MP., dengan dengan mengangkat tema “Hikmah Isra Mi’raj dalam Kehidupan Prajurit TNI ” sangatlah sesuai dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa, loyalitas, moralitas dan integritas untuk menjadi prajurit TNI dan PNS yang bermental tangguh serta beriman teguh, sebagai landasan dalam mewujudkan TNI AL yang Kuat, Hebat dan Profesional dalam menjalankan pengabdian kepada negara dan bangsa.


Bagi umat Muslim, peristiwa Isra Mi'raj ini memiliki makna dalam konteks kehidupan sosial yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dimalam hari dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqhsa di Palestina. Kemudian Peristiwa Mi’raj, dimana Nabi SAW dari Masjidil Aqhsa kemudian naik ke sidratil Muntaha, berjumpa dengan Allah SWT.

Perjalanan spiritual itu memberikan pelajaran penting bagi manusia dalam menjalani kehidupannya harus melakukan “transedensi”, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan merupakan puncak pengalaman spiritual sekaligus nikmat yang sangat indah dan tak tertandingi oleh nikmat apapun. Peristiwa Isra Mi'raj mengandung pelajaran yang sangat penting, bahwa kita tidak boleh terjebak pada kesalehan ritual-spiritual yang bersifat personal semata.

Kesalehan yang sejati adalah manakala seseorang bisa membangun relasi yang harmonis dan seimbang, baik antara dirinya dengan Tuhannya (Hablun min Allah), antara dirinya dengan sesamanya (hablun min annas), ataupun antara dirinya dengan alam dan lingkungan sekitarnya, dan kemudian Nabi SAW mendapat perintah shalat. Sedemikian pentingnya shalat, sehingga perintah itu diterima langsung oleh Nabi tanpa melalui perantara Malaikat Jibril. 



Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI menyampaikan bahwa sebagai umat beragama yang beriman dan bertaqwa, sudah sepatutnya bila memahami hikmah dan keutamaan memperingati Maulid Nabi dengan cara seperti memperbanyak sholawat dan doa, meneladani kisah dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW untuk selalu peduli kepada sesama, terutama dimasa pandemi covid-19 ini agar kita semua terhindar dari wabah penyakit covid-19, selalu  jaga keluarga kita, lingkungan kerja, lingkungan masyarakat untuk mematuhi aturan-aturan pemerintah untuk disiplin menjalankan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas) agar terhindar dari covid-19, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT, menyantuni anak yatim dan rajin menjalankan ibadah Puasa Sunah.


Peringatan Maulid Nabi lanjut Danlantamal XII, juga dapat menjadikan kita sebagai umat yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Alla, serta menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan guna meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas TNI dan khususnya TNI Angkatan Laut.


"Oleh karena itu, pada acara Maulid Nabi kali ini saya mengajak seluruh jajaran Lantamal XII untuk terus menerus meneladani ajaran-ajaran yang telah Rasulullah SAW berikan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, kita mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta mampu menanamkan kecintaan yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW", kata Danlantamal XII.


Peringatan Isra Mi'raj Tahun 1443 H/2022 M yang dilaksanakan oleh Lantamal XII sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut kepada seluru Kotama dan Balakpus jajaran TNI AL diseluruh Indonesia untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .