LANTAMAL XII MENGIKUTI RAKOR LOGISTIK TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL MELALUI VIDEO CONFERENCE DARI JAKARTA


Aslog Danlantamal XII, Kolonel Laut (T) Selamet Imam Suroto, CTMP, didampingi pejabat terkait yang membidangi Logistik, mengikuti Rakor Logistik secara Virtual dari Mabes Cilangkap.

Rakor secara virtual tersebut dilaksanakan di ruang Pusdalops Satrol Lantamal XII, Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak, Selasa (29/03/2022).


Adapun tema yang dipilih pada rakor logistik tahun 2022 ini, yaitu “Dengan semangat menuju TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh, Jajaran Logistik Angkatan Laut siap meningkatkan dukungan logistik terpadu guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam rangka mensukseskan program pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural”.


Dalam kesempatan tersebut Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni tetap mengingatkan kembali bahwa masa pandemi covid-19 saat ini telah menuju ke arah pemulihan, dan sebagian besar prajurit telah melaksanakan vaksinasi dosis kedua bahkan booster. Namun demikian hendaknya tetap waspada dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan pemulihan ekonomi.


Selain itu juga menyampaikan bahwa kinerja yang baik dan keberhasilan operasi tidak lepas dari peran dukungan logistik yang handal, sehingga tugas dan target yang dibebankan oleh pemerintah dapat terlaksana dan dicapai. Tetapi karena kondisi anggaran negara yang terbatas serta adanya kebijakan refocusing guna penanggulangan pandemi covid-19 menuntut kita untuk lebih efektif dan efisien dalam mengelola anggaran yang tersedia. Rakor tersebut juga merupakan sarana koordinasi semua kedinasan, kotama dan satker dibawah kewasgiatan logistik yang dilaksanakan tahunan dan ditujukan sebagai media komunikasi dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan serta merumuskan rencana kegiatan tahun berikutnya. 


Lanjut Aslog Kasal, bahwa dalam Rakorlog ini juga akan dibahas tentang modernisasi alutsista TNI yang diprioritaskan pada akuisisi alutsista strategis diantaranya akusisi satelit militer, sistem rudal strategis dan taktis (anti udara, anti kapal dan darat ke darat), sistem penginderaan bawah permukaan, serta sistem pesawat/kapal tanpa awak (drone) yang diintegrasikan dengan konsep network centric warfare (ncw) yang melibatkan TRI – Matra terpadu.


Adapun beberapa penekanan dari Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh, antara lain hendaknya komunitas logistik dapat memaksimalkan fungsi-fungsi logistik diseluruh jajaran yang beroriantasi kepada kemampuan operasional alutsista secara maksimal. Dalam Proses pengadaan barang dan jasa dilingkungan kewasgiatan logistik dapat dilaksanakan secara transparant dan akuntabel. Selain itu untuk meminimalisir temuan pemeriksaan baik dari internal maupun eksternal guna mendukung komitmen TNI AL dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan dihadapkan dengan anggaran yang tersedia diharapkan dapat lebih fokus dalam proses perencanaan , pelaksanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan perbaikan alutsista untuk mencapai kondisi siap tempur dan siap operasi.


Pejabat Lantamal XII yang ikut dalam Rakorlog Tahun 2022 antara lain Kadisharkan, Letkol Laut (T) M. Hamzah SUB, S.T., Kadisfaslan Lantamal XII, Letkol Laut (KH) Sri Agustiono B, S.T., Kadisbek Lantamal XII, Letkol Laut (S) Tri Setyo Puji Astono, M.Tr.Opsla, Kasi Ops Satrol Lantamal XII Mayor Laut (T) Heru.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .