Satgas Ops Bina Karuna Kapuas 2022 Polres Kubu Raya Lakukan Patroli Dan Sosialisasi Karhutla 


Ops Bina Karuna Kapuas 2022 Polres Kubu Raya Rutin Lakukan Patroli Pencegahan, Penanganan dan Pengendalian terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh Regu B Bina Karuna di Wilayah Hukum Polres Kubu Raya Tahun 2022, Jum'at (18/03/2022).


Sebelum melaksanakan patroli, tim Satgas Ops Bina Karuna melakukan Apel kesiapan dipimpin oleh Iptu Sri Kusworo selaku Perwira Pengendali Ops Bina Karuna Polres Kubu Raya beserta Personel. Apel tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi serta anev lokasi-lokasi yang rawan terhadap kebakaran lahan sehingga pada pelaksanaannya bisa menyentuh langsung kepada sasaran rawan kebakaran hutan dan lahan.


Pada pelaksanaan kegiatan patroli dan himbuan Karhutla tersebut diharapkan dapat benar-benar mencegah terjadinya Karhutla, mengingat kesadaran masyarakat yang masih kurang memahami dampak yang diakibatkan jika terjadi Karhutla. Tidak menutup kemungkinan juga, masih adanya masyarakat yang melakukan kegiatan pembersihan lahan dengan cara membakar. Kondisi tersebut yang membutuhkan dilakukannya himbauan secara rutin kepada warga masyarakat, bahwa membuka lahan dengan cara membakar dapat merusak alam dan mengganggu kesehatan. Disamping itu sangat perlu kerjasama semua pihak dalam memberikan himbauan dan melarang membuka lahan dengan cara dibakar.


“Adapun lokasi dan sasaran patroli yang kami lalui adalah jalan Sungai Raya Dalam Desa Sungai Raya Dalam dan jalan Sungai Raya Dalam Pungur Kecil Desa Punggur Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya. Dimana titik tersebut merupakan rawan terjadinya kaebakaran lahan setiap tahunnya”, kata Iptu Sri Kusworo.


"Dari hasi pantauan dan patroli dilokasi jalan Sungai Raya Dalam kearah Desa Punggur kecamatan Sungai Kakap masih terdapat kepulan asap sisa pembakaran dan upaya kami tetap lakukan pemadaman. Sehingga mencegah terjadinya kebakaran yang lebih luas lagi serta kami tetap menghimbau dan sosialisai kepada warga disekitar agar tetap menjaga serta tidak membakar dalam membuka lahan", imbuhnya.


Sumber : Humas Polres Kubu Raya

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .