Tingkatkan pengawasan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Babinsa Koramil 02/Sungai Pinyuh jajaran Kodim 1201/Mph, Sertu M. Gufron bersama lima rekan anggota, melakukan patroli dan pengecekan dua titik hotspot yang berada di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Minggu (27/03/2022).


Sertu M.Gufron Mengatakan kegiatan patroli dan pengecekan titik hotspot sebagai upaya pengendalian Karhutla karena menurut informasi aplikasi Lapan dengan sumber : 109.11476389666667 ditemukan adanya titik api di wilayah binaan.


"Adapun setelah dilakukan patroli pengecekan hotspot diseputaran ditemukan lahan terbakar dan bekas terbakar. Luas lahan kurang lebih 1 Ha, jenis tanah gambut belukar, sumber api belum diketahui. Kondisi api masih dalam pengawasan, pemilik lahan masih belum diketahui," jelasnya


Dikatakannya, selain melakukan patroli juga dilakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.


Ia juga menegaskan, barang siapa saja yang dengan sengaja membakar lahan dan hutan dapat dikenakan sanksi pidana dan jika terjadi Karhutla segera melakukan koordinasi atau laporkan segera ke pihak Babinsa dan Babinkamtibmas atau dengan Aparatur Desa.


Sementara itu, ditempat berbeda Kepala Desa Galang Rasidi mengucapkan terimakasih kepada anggota Koramil yang sudah membantu dan melakukan sosialisasi serta pengecekan hotspot di lokasi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.


"Ini langkah terbaik sebagai upaya pengendalian Karhutla dengan mengedepankan upaya pencegahan yang harus dilakukan sejak dini, sebelum kebakaran terjadi meluas,” ucap Rasidi.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)