Babinsa Koramil 1201-01/Jongkat bersama Bhabinkamtibmas Polsek setempat melakukan pendampingan terhadap petugas tracing contact Covid-19 dari Puskesmas Jongkat.

Serka Supriyadi mendampingi tim dari Puskesmas melakukan tracing contact (kontak erat) Covid-19 ke rumah warga di Dusun Parit Latong Di Desa Jongkat Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Senin (14/3/2022).


Kedatangan tim tracing terhadap warga yang Kontak erat dengan pasien positif Covid-19 ini dilakukan guna mencegah atau memutus penyebaran virus Covid-19.

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Covid-19 khususnya di kecamatan Jongkat.


Selama ini para relawan Desa dan Tim dari Puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.


“Akan tetapi titik kesulitannya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen, oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact," ucap Serka Supriyadi.


Serka Supriyadi juga menyampaikan dari aparat TNI – Polri siap membantu tim Satgas Covid-19 dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen.

Dan tidak semua warga mau menerima kenyataan yang telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan tak jarang yang menolak untuk dites swab atau rapid antigen.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact dari Babinsa bersama tim tracing dari Puskesmas Jongkat warga yang tercatat kontak erat bersedia untuk melaksanakan rapid tes antigen.


"Kegiatan ini terus kita jalankan guna memutus mata rantai virus Covid-19 dan semoga penyebaran virus Covid-19 ini segera berakhir,” tutup Serka Supriyadi.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)