Tim Satgas Ops Bina Karuna Kapuas 2022 Polres Kubu Raya Lakukan Himbauan dan Patroli Karhutla

 


Dalam rangka Penanggulangan Karhutla di wilayah kabupaten Kubu Raya Tim Satgas Ops Bina Karuna Polres Kubu Raya melakukan pencegahan (Patroli), penanganan dan pengendalian terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polres Kubu Raya.

Kegiatan patroli Karhutla dipimpin  Iptu Anisetus, S.H selaku perwira pengendali  dan diikuti personil Ops Bina Karuna Kapuas 2022 Polres Kubu Raya. Senin, (21/03/2022).

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan mulai dari patroli Karhutla, himbauan Karhutla dan memonitor lokasi yang sudah terbakar serta memastikan lokasi penampungan air atau embung.


Saat dikonfirmasi perwira pengendali Iptu Anisetus, S.H melalui Kasubsi Penmas Ipda SR. Sembiring  mengatakan patroli yang dilakukan merupakan kegiatan rutin untuk mengetahui secara langsung kondisi dilapangan, sekaligus memberikan edukasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat.


”Pada hari kami Bersama Tim Karhutla Ops Bina Karuna Polres Kubu Raya melaksanakan patroli serta penangganan dan pengendalian terhadap kebakaran lahan dan lahan di Desa Mekar dan Desa Madu Sari, Kecamatan Sungai Raya.

Bahwa kegiatan tersebut sesuai surat perintah Kapolres Kubu Raya Nomor:Sprin/253/III/OPS.1.3./2022 dalam rangka pencegahan (patroli/sosialisasi), penanganan (pemadaman) dan pengendalian terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Tahun 2022 di wilayah hukum Polres Kubu Raya terhitung mulai tanggal 10 Maret 2022 s.d. tanggal 29 Maret 2022”, katanya.


Diketahui bahwa beberapa hari sebelumnya telah terjadi Karhuta di Desa Mekar Sari dan Madu Sari, sehingga kedua lokasi tersebut menjadi prioritas untuk pemantauan agar tidak meluas ke wilayah lainnya. Karena kebakaran pada lahan gambut sangat memungkinkan terjadi lagi jika api belum benar-benar padam.


“Dari serangkaian kegiatan yang kita lakukan mulai dari patroli Karhutla, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang bahaya yang ditimbulkan. Apalagi untuk saat ini sudah ada hujan semoga ini bisa membantu kita dalam penanganan serta pengendalian Karhutla di Kabupaten Kubu Raya ini. Namun kegiatan tetap kami lakukan dan rutin dalam mensosialisasikan bahaya Karhutla, tentunya peran aktif masyarakat dan para tokoh masyarakat  juga kita harapkan dalam mendukung terciptanya kondisi iklim wilayah Kabupaten Kubu Raya bebas dari asap”, tuturnya. 


Penulis : Dodik, Humas Polres Kubu Raya
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .