Yayasan Pendidikan Kalimantan Libatkan ASN TVRI Kalbar Dalam Uji Kompetensi Keahlian Syarat Kelulusan


Yayasan Pendidikan Kalimantan Pontianak atau Persekolahan Kunzhong sejak tahun 1998 telah memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berawal dari dua jurusan yaitu jurusan Akuntansi dan Pemasaran.

Pada tahun 2014 SMK ini menambah satu jurusan lagi yaitu jurusan Multimedia.

Untuk itu, dalam menguji kompetensi siswa siswinya khusus pada jurusan Multimedia, SMK Santa Maria Pontianak melibatkan praktisi sebagai penguji eksternal untuk syarat kelulusan siswa siswinya.


Pada masa akhir semester tahun pelajaran 2021 - 2022, SMK Santa Maria Pontianak melibatkan ASN TVRI Kalbar dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Penilaian difokuskan kepada hasil keterampilan siswa siswi SMK Santa Maria dalam memproduksi sebuah karya video promosi suatu produk. Aspek yang dinilai mulai dari pra produksi, tahapan produksi dan pasca produksi dengan hasil satu paket DVD Video beserta desain cover serta label.



Kepala SMK Santa Maria Pontianak Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd saat berlangsungnya UKK menjelaskan, melibatkan praktisi dalam menilai komptensi siswa siswinya merupakan satu kewajiban yang harus diselenggarakan SMK.


"Kita setiap tahun melaksanakan Uji Komptensi Keahlian sebagai syarat kelulusan siswa. Karena ujian Nasional sudah kita tiadakan. Khusus pada jurusan Multimedia ini kita libatkan pihak TVRI Kalbar sebagai penguji eksternal. Kemudian untuk tiap semesternya pada tiap jenjang kita sudah memberikan project dan ditambah dengan ulangan-ulangan harian", katanya, Selasa (29/3/2022).



Pada pembuatan karya video promosi tersebut, siswa siswi SMK Santa Maria Pontianak dituntut mampu menyelesaikan project dengan kualitas terbaik sesuai kreativitas masing-masing.

Produksi konten iklan tersebut dengan menerapkan teori yang sudah diperoleh melalui guru-guru dan dunia industri saat melakukan magang sebelumnya.


Uji kompetensi keahlian SMK Santa Maria Pontianak dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari hari senin (28/3) hingga rabu besok. Penilaian akhir pada UKK tersebut akan mewajibkan siswa siswi mempresentasikan hasil karya video promosi dihadapan penguji internal dan eksternal. 


Penulis: Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .