Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto,  mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka operasi kepolisian terpusat Polda Kalimantan Barat dengan sandi Ketupat Kapuas 2022 untuk Idul Fitri 1443 H di Ruang Graha Khatulistiwa Polda Kalbar Lantai III Jl. Ahmad Yani Kota Pontianak, Rabu (20/4/2022).


Kapolda Kalbar, Irjen Pol. DRS. Suryanbodo Asmoro, M.M., dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa perayaan Hari Raya Idul Fitri untuk Kalimantan Barat ini biasanya sebagaimana data yang ada selalu diikuti atau diiringi dengan peningkatan situasi gangguan Kamtibmas setiap menjelang, saat maupun setelah lebaran. Demikian pula dengan angka kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya mobilitas masyarakat, barang, transportasi darat, laut atau sungai serta udara. Apalagi pada pada tahun ini pemerintah telah mengizinkan dan memberi kelonggaran aturan mudik. Bahwa mudik tahun ini taglinenya adalah "Mudik Sehat Aman" artinya kita bisa mewujudkan terpenuhinya syarat-syarat yaitu protokol kesehatan dilaksanakan secara bertanggung jawab kemudian tidak terjadinya lonjakan covid-19 sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 2022.


"Polda Kalimantan Barat telah menginventarisir kembali daerah-daerah yang tergolong memiliki potensi gangguan yang tinggi didalam kalender Kamtibmas Polda Kalimantan Barat yang sifatnya statis dan dinamis. Statis itu tentunya perlu mendapat perhatian khusus dengan sinergitas seluruh stakehoder", jelas Kapolda Kalbar.


Sementara itu Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, meminta perhatian khususnya angkutan sungai mohon dilihat dan diperhatikan masih banyak yang tidak memenuhi syarat, dan jalan-jalan provinsi yang rawan terhadap kecelakaan agar diutamakan terlebih dahulu.


"Mohon untuk PU agar lebih signifikan lagi. Intinya kegiatan ini setiap tahun jadi analisa dari tahun-tahun sebelumnya sehingga dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat Kalbar. Untuk bahan pokok diharapkan Kapolres dan Kapolsek dapat mengatasinya diwilayah wilayah", kata Gubernur Kalbar.


Pejabat Forkopimda yang hadir dalam kegiatan antara lain Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, Kapolda Kalbar, Irjen Pol. DRS. Suryanbodo Asmoro, M.M., Pangdam XII TPR diwakili Kasdam XII TPR Brigjen TNI Djauhari S.E., M.M., Danlantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Kabinda Kalbar, Brigjen Rudy Tranggono, Kajati Kalbar, diwakili Asisten Pengawasan, Kepala KSOP Pontianak, Para PJU Polda Kalbar, Polres jajaran Polda Kalbar dan mengikutinya secara virtual.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)