Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto menghadiri acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kapolri Jenderal Pol Dr. Listyo Sigit Prabowo dengan jajaran Forkopimda Se-Indonesia secara Video Conference (Vicon) dari Rupattama Mabes Polri dalam rangka kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H di masa Pandemi Covid 19 Tahun 2022 bertempat di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar. Kamis (14/4/2022).


Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan doa serta mendengarkan sambutan-sambutan dan arahan dari sejumlah Kementerian yang hadir serta stakeholder pusat. 


Dalam sambutannya Kapolri mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Mudik ditahun 2022 ini cenderung berbeda dengan sebelumnya. Sesuai kebijakan Presiden RI saat ini Kepala Negara memberikan kelonggaran untuk melaksanakan mudik bagi masyarakat Indonesia. Jokowi juga mengharapakan arus mudik tahun 2022 ini akan berjalan dengan lancar dan aman namun Pandemi Covid 19 tetap dapat terkendali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan penggunaan masker.


Tak hanya soal mudik, namun Presiden juga menyampaikan perihal adanya kelangkaan minyak goreng beberapa waktu yang lalu. Dimana saat ini kita telah melaksanakan kontrak dengan perusahaan sawit untuk meningkatkan kapasitas produksinya, sehingga pada hari Raya Idul Fitri nanti tidak terjadi kelangkaan minyak goreng dan juga pemerintah telah menurunkan Babinkamtibmas ke pasar-pasar di tiap daerah, untuk mengawasi ketersediaan minyak goreng.


Hadir dalam acara vicon yakni Gubernur Kalbar, diwakilkan Sekda dr. Harisson, M.Kes, Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M, Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Djauhari, S.E., M.M, Danlantamal XII, Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si. (Han), CIQnR., CIQaR, Kajati Kalbar, DR. Masyhudi, S.H., M.H, Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Asep Safrudin, Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Dansat Brimob Polda Kalbar, Kombes Pol. Rantau Isnur Eka, S.IK., M.M., M.HAN, Danpomal Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Musa. H. Sitorus.,S.Si.M.Tr.Opsla, Ka Subseksi Ops dan Siaga Basarnas Pontianak, Eryk Subariyanto, S.T, Para PJU Polda Kalbar, Para Kapolres dibawah jajaran Polda Kalba, Ka. BMKG Kalbar.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)