Danlantamal XII Tinjau Pos Terpadu Lebaran dan Turunkan Tim Vaksinator Layani Pemudik Jalur Laut


Memasuki mudik lebaran tahun 2022, aktivitas pelabuhan Dwikora Pontianak meningkat. Diperkirakan 2.700 pemudik akan berangkat malam ini (29/4) menggunakan kapal Laut KM. Bukit Raya dengan tujuan Surabaya dan Lombok.


Untuk memastikan kesiapan Pos Terpadu Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto meninjau dan menerjunkan Tim Vaksinasi Lantamal XII untuk melayani pemudik yang membutuhkan vaksinasi. Jum'at (29/4/2022) sore.


Tim Vakasinasi dipimpin oleh Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut Laut (K) drg. Abdullah Mugan M, Sp.Pros, selaku Dansatgas Covid-19 Lantamal XII Pontianak. Tim vaksinasi Lantamal XII ini akan melayani pemudik jalur laut serta masyarakat umum lainnya untuk menerima vaksin dosis satu, kedua dan booster.


Dalam peninjauan Pos Terpadu Lebaran 2022 tersebut, Danlantamal XII didampingi Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut (KH) Harazi, S.Ag, M.M., dan Kadiskes Lantamal XII Letkol LUut (K) drg. Abdulah Mugan., M., Sp. Pros.



Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto menjelaskan, kunjungannya beserta rombongan di Pelabuhan Dwikora Pontianak untuk melihat kesiapan petugas Pos Terpadu serta sarana protokol kesehatan yang tersedia untuk digunakan pemudik saat memasuki kapal.


Tim vaksinasi yang disiagakan di Pelabuhan Dwikora Pontianak ini, kata Danlantamal XII, merupakan implementasi dari instruksi Presiden RI, Panglima TNI dan Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar secara intensif dan konsisten membuka gerai vaksinasi untuk kepentingan masyarakat. 


"Vaksinasi booster ini penting ya, karena kapal kan sirkulasi udara di dalamnya menyatu. Nantinya juga kapal akan singgah di Pelabuhan Surabaya dan Lombok. Sehingga disitulah tolok ukur vaksinasi nasional, agar masyarakat yang mudik dapat aman dari covid-19 dan sehat", kata Danlantamal XII.



Pada kesempatan itu, Laksamana Pertama TNI Suharto juga menyempatkan berbincang dengan pemudik yang sudah standby menunggu kedatangan kapal tengah malam nanti.

Danlantamal XII berharap, petugas Pelabuhan Dwikora Pontianak dapat melayani pemudik tepat waktu dalam memperkirakan situasi Sungai Kapuas yang mengalami pasang surut. 


"Ini berat ini, karena mengatur 2.700 penumpang dengan waktu yang terbatas. Kenapa saya katakan terbatas? Karena Pelabuhan Pontianak ini menyesuaikan kondisi Sungai yang pasang surut. Sehingga maksimal jam 01.00 sudah berangkat. Karena jika tidak, maka akan tertunda beberapa jam lagi", imbuhnya.


"Dan Tim Vaksinasi Lantamal XII ini akan terus melayani pemudik yang menggunakan kapal-kapal penumpang lainnya dihari-hari mendatang", pungkasnya mengakhiri.


Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .