Babinsa Desa Toho Ilir, Koramil 05/ Toho, Kodim 1201/ Mph, Serda Barus, kawal penyaluran Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT -DD) kepada 93 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Tahap l selama dua bulan (april dan mei), sebesar Rp 600 ribu.

Penyerahan BLT-DD tersebut, dilaksanakan di ruangan Kantor Desa Toho Ilir, yang diserahkan langsung oleh Staf desa, dan dihadiri oleh Babinsa, Kepala desa, Babinkamtibmas, Pendamping desa, serta seluruh KPM, Rabu (27/4/2022).


Babinsa Desa Toho Ilir, Serda Barus mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan penyaluran bantuan kepada setiap KPM diwajibkan untuk melaksanakan vaksin terlebih dahulu bagi yang belum divaksin dan diarahkan kepada petugas kesehatan yang sudah disiagakan.



"Warga penerima bantuan yang belum divaksin, langsung diarahkan ke petugas kesehatan dari Tim P-Care Kodim 1201/ Mph, yang sudah dipersiapkan, untuk divaksin terlebih dahulu", jelas Serda Barus.


Dibulan Ramadhan yang penuh berkah dan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri ini, lanjutnya, dirinya berpesan kepada warga penerima manfaat, agar bantuan tunai yang disalurkan oleh Pemerintah Desa, dapat dimanfaatkan dengan baik dan diprioritaskan untuk kebutuhan pokok.


"Gunakan bantuan dengan baik, untuk memenuhi kebutuhan pokok. Apalagi ini menjelang lebaran, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh anggota keluarga", ucap Serda Barus.


Disisi lain, Babinsa  juga mengajak masyarakat untuk terus aktif dalam mendukung program pemerintah salah satunya mensukseskan program vaksinasi Covid-19, yang saat ini sedang gencar dilaksanakan pemerintah mulai dari dosis satu, dua dan booster. 


"Selain vaksin, kami juga berpesan kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah untuk keamanan, kenyamanan dan kesehatan bersama", pungkasnya.


Sementara itu, Mui Huat, Kepala Desa Toho Ilir menyatakan bersyukur atas lancarnya kegiatan vaksinasi dan pembagian BLT-DD tersebut. Ia menyaksikan sendiri semluruh KPM mentaati protokol kesehatan.


"Puji Tuhan, pembagian BLT DD dan vaksinasi di desa kami berjalan dengan lancar dan tertib. Para penerima bantuan pun antusias dan tetap disiplin dalam mentaati prokes", kata Kades Toho Ilir, Mui Huat.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)