Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menghadiri launching Gerakan 1 Juta Vaksinasi Booster di MTS Negeri 2 Pontianak, Kamis (21/4/2022).


Polri bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar program satu juta vaksinasi booster yang dimulai pada hari ini.


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, hari ini bisa melaksanakan kegiatan yang menjadi program bersama dari kepolisian, PBNU dan kemenag, untuk melaksanakan program satu juta vaksin booster


"Alhamdulilah hari ini dari kerja sama yang ada tadi disampaikan, kita bisa tembus diangka 1,3 juta," kata Kapolri.


Program vaksinasi ini, bahwa ada keraguan pada saat puasa apakah boleh vaksin atau tidak, tentunya kegiatan hari ini menjadi jawaban bahwa bisa. 


Dalam kesempatan ini, Kapolri mengatakan bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. Di beberapa negara khususnya China saat ini terjadi lonjakan dan sedang dilakukan lockdown.


"Sementara Indonesia saat ini dengan kondisi pertumbuhan vaksin yang ada, positivity rate-nya dibawah satu maka dilaksanakan pelonggaran aktivitas dan pemerintah memutuskan tahun ini bisa dilaksanakan mudik," ujarnya.


Namun, ia mengingatkan bahwa pasca dari hari raya selalu terjadi kenaikan angka Covid-19. Untuk itu, ia mengimbau seluruh masyarakat yang belum vaksin booster untuk segera melaksanakan vaksinasi.


"Kita sudah sepakat jika masyarakat animonya tinggi maka program pelaksanaan vaksinasi booster dilaksanakan sampai H-1, apakah itu dilaksanakan siang hari atau setelah sholat tarawih," ungkapnya.


Kapolri menyebut vaksinasi merupakan upaya untuk membangun imunitas dan saling menjaga agar tidak ada lonjakan kasus Covid-19 pasca pelaksanaan mudik tahun ini.


Selain vaksinasi, Kapolri juga meminta masyarakat yang akan mudik untuk mengatur jadwal keberangkatan dan jalur yang akan dilewati. Hal ini penting dilakukan agar tak terjadi kemacetan yang cukup panjang.


"Mari kita jaga bersama, sehingga mudik kali ini menjadi mudik yang sehat dan mudik yang nyaman. Sehat karena kita semua telah melaksanakan vaksin secara lengkap dan booster. Nyaman karena kita semua bisa mengatur perjalanan mudiknya sehingga kemacetan yang akan terjadi bisa dihindari," katanya.


Sementara itu Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro juga mengatakan, pelaksanaan program Akselerasi 1 Juta Vaksin Booster bekerjasama dengan PBNU, Kemenag RI dan Polri. Untuk wilayah Kalimantan Barat berjalan mulai tanggal 21 sampai 23 April 2022 dengan target 11 ribu dosis tersebar di 14 Kabupaten/Kota.


"Untuk hari ini kegiatan dilaksanakan dengan jumlah sasaran sebanyak 4.075 dosis dengan lokasi vaksinasi di Pondok Pesantren, Masjid, Kantor PCNU, Kantor Kementerian Agama, Gerai Vaksinasi Polri. Sasaran vaksinasi di lokasi hari ini sebanyak 400 orang berfokus pada vaksin dosis II dan booster bagi siswa, orang tua serta guru," tutupnya.


Penulis : Bripda Juni, Humas Polda Kalbar

(Media Baru TVRI Kalbar)