Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K., M.Si didampingi Pejabat Utama Polres Kubu Raya melaksanakan silahturahmi dengan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kubu Raya bertempat di Lt. 5 Hotel Harris Pontianak Jl. Gajah Mada No. 150 Benua Melayu Darat Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Rabu (20/4/2022).


Dalam Sambutannya Ketua Umum PMP Kalimantan Barat, H. Sukiryanto mengatakan, organisasi yang dibentuk dari Kesbangpol merupakan senior dari PMP, sedangkan PMP sendiri terbentuk dari 23 Suku etnis yang ada.


"Direncanakan pada tanggal 10 Mei 2022 mendatang akan diadakan acara acara halal bihalal, yang mana akan dibentuk panitia dari non muslim kegiatan kebalikannya pada saat natal acara PMP akan panitia dari muslim. Dan PMP akan melantik cabang-cabang ditingkat Kab/Kota di wilayah Kalimantan Barat", katanya.


Ia juga mengapresiasi PMP Kubu Raya yang telah menginisiasi terlaksana acara silaturahmi Ramadhan tersebut. Sehingga seluruh etnis dapat berkumpul dan saling bersilaturahmi untuk mempererat komunikasi.


"Harapan kita PMP, agar seluruh etnis dapat rukun dan saling menghargai jika mana ada gesekan agar segera di musyawarahkan. Jika ada gesekan yang besar sebisa mungkin dikecilkan dan jika ada gesekan kecil sebisa mungkin dihilangkan", imbuhnya.



Ditempat yang sama Ketua PMP Kubu Raya, Edi Suhairul dalam sambutannya mengajak seluruh etnis untuk bersama-sama mendukung segala program yang telah dibuat oleh Polres Kubu Raya serta bersama sama mendukung Pemda Kab. Kubu Raya.


"Tujuan acara ini agar kita saling mengenal seluruh etnis yang ada di Kab. Kubu Raya dan dapat terjalinnya silaturahmi kedepannya", kata Edy.


Sementara itu Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.Si mengatakan, sesuai amanat Kapolri dirinya diamanatkan untuk memimpin Polres Kubu Raya dan sudah berdinas kurang lebih selama 10 bulan. Menurutnya acara silaturahmi Ramadhan yang digelar tersebut memiliki banyak manfaat bagi Polres Kubu Raya, karena sinergitas dan jalinan hubungan yang baik dengan semua lapisan dan elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam menciptakan keamanan di wilayah Kubu Raya.


"Berkat bantuan dari PMP saya dapat berdiri memimpin Polres Kubu Raya dan yang terpenting setiap perkumpulan ADRT nya harus jelas serta tujuan organisasi tersebut juga harus jelas,agar pada saat terjadi sesuatu lebih enak untuk berkoordinasi serta dapat diselesaikan dengan kepala dingin", ujar Kapolres.


"Akhir kata, semoga Kubu Raya dapat terus menanjak dengan adanya PMP. Tokoh pemuda, tokoh agama serta semua etnis yang ada diharapkan dapat menjunjung tinggi toleransi, sehingga Kubu Raya tetap terjaga dan terus menanjak. Atas nama pribadi serta seluruh personel Polres Kubu Raya, kami megucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada umat muslim sehingga dapat menjalankan ibadah puasa hingga hari raya tiba, serta ucapan terimakasih kepada organisasi Perkumpulan Merah Putih yang selalu mendukung segala bentuk kegiatan Polres Kubu Raya",  katanya mengakhiri sambutan.


Hadir dalam silahturahmi Ramadhan tersebut Ketua umum Kerabat, Rihat Nasir Silalahi, Kabag Ops Polres Kubu Raya AKP Hoerudin, S.I.K, Kasat Intelkam Polres Kubu Raya AKP Srinanto, Kasat Binmas Polres Kubu Raya AKP Suharto, Dinas Pendidikan Kubu Raya Tunggal M.Pd, Pengurus organisasi lintas etnis se-Kabupaten Kubu Raya dan seluruh anggota Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kab. Kubu Raya.


Sumber : Dodik, Humas Polres Kubu Raya

(Media Baru TVRI Kalbar)