Dalam Rangka menyongsong Hari Kartini 21 April 2022, Korps Wanita TNI (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) melakukan aksi Bakti Sosial Donor Darah bekerja sama dengan PMI unit Donor Darah, yang dilaksanakan di Kantor PMI Kalimantan Barat, Jl. Jenderal Ahmad Yani RW No.30, RW.RT.03, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak , Senin (18/04/2022).


Bakti Sosial Wan TNI ini dihadiri 36 orang perwakilan masing –masing dari  Korps Wanita TNI AD (Kowad) Kodam XII Tanjungpura 16 orang, Korps Wanita TNI AL (Kowal) Lantamal XII Pontianak 7 orang dan Korps Wanita TNI AU (Wara) Lanud Supadio Pontianak 12 orang.


Pelaksanaan Donor Darah ini dari 36 orang yang terdaftar hanya 7 orang yang memenuhi syarat untuk berdonor, sementara 29 orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat, sehingga yang terkumpul hanya 7 kantong.


Pelaksanaan Apel Bersama Wan TNI Tahun 2022 serta aksi donor darah ini merupakan perintah langsung Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, untuk dilaksanakan Korps Wanita TNI (AD,AL dan AU).


PMI Kota Pontianak melalui Unit Donor Darah menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Korps Wanita TNI bersinergi bersama PMI untuk membatu tersedianya kebutuhan Bank Darah di Kalbar. Selain itu  karena Darah merupakan hal yang sangat vital bagi tubuh manusia, dan Darah tidak dapat tergantikan dengan yang lain.


Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, menyampaikan apresiasnya kepada Wan TNI, karena dalam situasi Bulan Ramadhan, dimana sebagian orang melaksanakan Ibadah Puasa masih menyempatkan diri untuk berdonor.


"Tentunya ini merupakan amalan yang baik dibulan puasa", kata Danlantamal XII disela-sela aktivitasnya.


Dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol Covid-19, memakai masker, dengan mengukur suhu tubuh setiap pendonor, dan menyiapkan hand sanitizer serta tetap menjaga jarak.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)