Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan lalu, Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto mengajak seluruh Keluarga Besar Lantamal XII yang beragama Islam untuk terus meningkatkan ibadah dibulan suci Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Kegiatan Nuzulul Qur’an bertempat di Masjid Ar-Rahmah Komplek TNI – AL Jl.Komyos Sudarso Jeruju, Kota Pontianak, Senin (25/4/2022).


Acara diawali dengan Sholat Isya’ berjamaah kemudian dilanjutkan dengan ceramah peringatan Nuzulul Qur’an dan diakhiri dengan Sholat Tarawih berjamaah ini berjalan dengan lancar dan khidmat.


Peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan peristiwa dimana Allah menurunkan ayat Al Quran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. Allah memberikan wahyu tersebut kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Selain itu juga bertepatan dengan Malam Lailatul Qadar dimana malam itu merupakan malam yang sangat penting bagi umat Islam karena banyak keutamaan dan keistimewaan didalamnya.


Dengan adanya peringatan Nuzulul Qur’an ini diharapkan kepada seluruh prajurit Lantamal XII dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. Hal ini sejalan dengan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M yakni "Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai Landasan dalam Pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai – nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL".


Hadir dalam kegiatan ini, Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto beserta Ketua Korcab XII DJA I, Ny. Reni Suharto, Pejabat Utama Utama Lantamal XII, Kadis/Kasatker Lantamalm XII, seluruh Prajurit Lantamal XII, PNS dan pengurus Korcab XII DJA I.  


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)