PHBI Pontianak Siap Gelar Salat Id di Depan Kantor Walikota

 



Selain di masjid-masjid, pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Fitri atau Salat Id 1443 Hijriyah tahun ini juga digelar di lapangan. Satu diantaranya dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak.


Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kala kasus Covid-19 tengah menanjak, tahun ini Salat Id dilaksanakan lebih leluasa karena tidak ada lagi pembatasan-pembatasan. Dengan adanya kelonggaran ini, ia berharap pelaksanaan Salat Id tersebar di banyak tempat.


"Sehingga tidak terjadi penumpukan di satu atau dua titik lokasi saja," ujarnya, Kamis (28/4/2022).


Meski pelaksanaan salat tanpa memberlakukan jarak saf, namun ia berharap jamaah tetap mengenakan masker. Hal ini guna mengantisipasi tertularnya virus Covid-19.


"Jadi meskipun tidak ada pembatasan jarak antar jamaah, tetapi kita tetap berpatokan pada protokol kesehatan yakni tetap mengenakan masker," ungkap Edi yang juga selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak.



Ketua Umum PHBI Kota Pontianak Yaya Maulidia menyatakan, pihaknya saat ini telah mempersiapkan rencana pelaksanaan Salat Id yang akan dipusatkan di lapangan depan Kantor Walikota Jalan Rahadi Usman.


"Tahun ini kita tidak lagi memberlakukan jarak saf, tetapi jamaah diminta tetap mengenakan masker," terangnya.


Ia menambahkan, untuk areal pelaksanaan Salat Id mulai dari depan Kantor Pos lama hingga ke arah Bank BNI 1946. Terkait kesiapan petugas, Yaya bilang, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran Salat Id yang diperkirakan bakal dipenuhi jamaah. Selaku panitia Salat Id depan Kantor Walikota, pihaknya juga akan mempersiapkan tempat pelaksanaannya, baik itu dari aspek kebersihan termasuk garis saf serta fasilitas lainnya terutama berkaitan dengan protokol kesehatan.


"Kami akan persiapkan thermogun, masker, fasilitas untuk tempat cuci tangan, termasuk bantuan penyediaan sarana toilet cabin dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar," jelasnya.


Dia mengimbau jamaah yang akan melaksanakan Salat Id di lapangan depan Kantor Walikota untuk membawa sajadah sendiri. Dan bagi yang membawa kertas koran sebagai alas, setelah selesai melaksanakan salat diimbau untuk membuangnya ke tempat sampah atau dibawa pulang kembali.



Yaya juga menerangkan, untuk mempersiapkan saf bagi jamaah Salat Id, pengecatan garis saf dilaksanakan H-1 Idul Fitri. Untuk kelancaran pengecatan garis saf, Jalan Rahadi Usman ditutup sementara bagi lalu lintas kendaraan.


"Bagi warga yang akan melintas di jalan tersebut, dialihkan ke Jalan Zainuddin dan Jalan Jenderal Sudirman," tuturnya.


Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Yusnaldi menuturkan, pelaksanaan Salat Id 1443 Hijriyah di depan Kantor Walikota direncanakan akan digelar pada Senin, 2 Mei 2022 atau disesuaikan dengan keputusan pemerintah pusat dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri. Waktu pelaksanaannya akan dimulai pukul 06.00 WIB. Adapun yang bertindak sebagai khatib adalah Syech Anas Said Azzobi dan imam oleh H Abdul Syukur Mustafa.


"Kami mengimbau kepada seluruh jamaah yang hendak melaksanakan Salat Id di lokasi tersebut, untuk hadir lebih awal agar memudahkan dalam pengaturan saf karena diperkirakan jumlah jamaah lebih banyak dibanding tahun lalu," pungkasnya.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)

0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .