Polres Kubu Raya Gelar Rapat Lintas Sektoral Dalam Rangka Ops Ketupat 2022


Polres Kubu Raya menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Kapuas 2022 Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitrti 1443 H di wilayah Hukum Polres Kubu Raya.(22/4/2022).


Rapat tersebut dilaksanakan di aula Mapolres Kubu Raya dan dipimpin langsung oleh Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.Si dan dihadiri Dandim 1207/Pontianak Kol Arh. Hendra Roza, S.I.P., Dansatpomau Lanud Supadio Letkol Pom Prawoto, Pabung Kodim 1207/Pontianak Mayor Inf. Dr. H.N. Alamsyah, S.Ag., M.E.I, Wakapolres Kubu Raya Kompol Sandhy W.G. Suawa, S.P., S.I.K., M.H, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E., M.Sos., Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya yang diwakili Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Paulus, S.H., PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek jajaran Polres Kubu Raya, para Kepala SKPD Kabupaten Kubu Raya, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kabupaten Kubu Raya.


Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa, pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 merupakan hal penting dan memerlukan kerjasama dari semua pihak.


"Pada mudik tahun ini mengusung Tag Line "Mudik Sehat dan Mudik Aman" dalam pelaksanaannya mudik tahun ini Bapak Presiden RI telah memberi kelonggaran waktu cuti selama 10 hari.

Berdasarkan hasil survey potensi pergerakan nasional sebanyak 85,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setiap pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan gangguan Kamtibmas terutama pelanggaran ketertiban lalu lintas.

Dimungkinkan untuk diwilayah Kabupaten Kubu Raya akan terjadi peningkatan pergerakan orang maupun barang. Untuk itu menjadi perhatian kita bersama kesiapan jalur jalan baik melalui darat, laut, sungai dan udara", kata Kapolres.



Ia juga menyinggung tentang kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya juga akan meningkat, sedangkan beberapa waktu lalu terjadi kelangkaan bahan pangan minyak goreng dan kenaikan harga BBM. Oleh karena itu, katanya, perlu pengawasan terhadap ketersediaan bahan pokok termasuk BBM serta distribusinya agar tidak terjadi penyimpangan.


"Terima kasih kepada para tamu yang hadir di kegiatan Rakor Linsek ini dalam rangka Pengamanan Ops Ketupat Kapuas Tahun 2022, dimana Polres Kubu Raya dalam rangka Pengamanan Ops Ketupat Kapuas tahun 2022 mengajak kepada pemerintah dan unsur-unsur terkait untuk bersama - sama menjaga kelancaran perayaan Idul Fitri 1443 H ini sehingga dalam pelaksanaan tercipta kamtibmas kondusif", sambung Kapolres.


Kapolres Kubu Raya mengingatkan kepada pemudik dan seluruh masyarakat agar dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

Pihaknya juga tetap melakukan upaya-upaya dalam percepatan vaksinasi sehingga dalam pelaksanaan perayaan dapat mengurangi adanya penyebaran covid-19 ditengah masyarakat.



Hal senada juga disampaikan Dandim 1207/Pontianak Kol Arh. Hendra Roza, S.I.P., agar dilakukan percepatan untuk pelaksanaan vaksinasi menjelang hari raya Idul Fitri di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Ia meyakinkan pihaknya akan mendukung penuh untuk pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat Kapuas 2022 di wilayah Hukum Polres Kubu Raya.


"Kami dari Kodim 1207/Pontianak siap mendukung dan bekerjasama membantu bersama dengan Instansi terkait yaitu Polri serta instansi terkait lainnya dalam rangka pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah Kab. Kubu Raya", ujarnya.


Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E., M. Sos. juga mengharapkan untuk ketertiban jalan menjadi atensi agar ditangani dengan baik karena akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat khususnya jalur darat.


"Semoga pelaksanaan pengamanan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat kita", harap politisi PDI Perjuangan itu.


"Untuk Dinas pangan silahkan koordinasi dengan pihak Kepolisian jika terjadi kelangkaan bahan pangan tertentu untuk segera dilakukan upaya antisipasi kelangkaan bahan pangan lainnya", imbuhnya.


Ia mengingatkan perlunya perhatian khusus jalur jembatan Kapuas 2 agar tidak terjadi antrian kendaraan berhenti diatas jembatan. 


"Jangan sampai terlalu banyak kendaraan yang berhenti atau mengantri diatas jalur jembatan Kapuas 2 agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan pemudik dan masyarakat kita", katanya.



Sujiwo mengapresiasi kerjasama Polres Kubu Raya dan Kodim 1207/Pontianak serta seluruh stakeholder yang ada, untuk menciptakan situasi kondusif menjelang perayaan Idul Fitri 1443 H hingga sampai dengan waktu lebaran.


"Kami dari Pemerintah Kab. Kubu Raya siap mendukung dan bekerjasama membantu bersama dengan Instansi terkait yaitu TNI & Polri dalam rangka pengamanan Perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah Kab. Kubu Raya", pungkasnya.


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya yang diwakili oleh anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Paulus, S.H juga mengharapkan hal yang serupa agar perayaan Hari Raya Idul Fitri pasca pandemi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.


"Pada prinsipinya kami dari pihak DPRD Kabupaten Kubu Raya berterimakasih atas kerjasama yang telah terjalin antara seluruh stakeholder, karena telah berupaya semaksimal mungkin menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kubu Raya menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Kami dari pihak DPRD sangat mengapresiasi Polres Kubu Raya telah menjalin kerjasama dengan kami. Diharapkan kerjasama ini terus berlanjut dan ditingkatkan", tutup Paulus.


Sumber : Dodik, Humas Polres Kubu Raya

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .