Rapat Persiapan Pelaksanaan Gawai Sowa' Dayak Bidayuh Bijagoi

Kadis Kominfo Bengkayang : "Kami siap siarkan acara secara Live Streaming"


Menindaklanjuti hasil audiensi Panitia Gawia Sowa' 2022 dengan Bupati Bengkayang pada Selasa, tanggal 5 April lalu, Panitia Gawia Sowa' Dayak Bidayuh Bijagoi mengadakan rapat lanjutan di Balai Adat Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Senin (18/4/2022).

Rapat lanjutan tersebut untuk mematangkan teknis acara serta pembahasan anggaran kegiatan yang tahun lalu sempat ditiadakan karena masa pandemi Covid-19.


Pada diskusi persiapan Gawai kali ini, seluruh OPD yang terkait siap menyukseskan acara yang sudah berjalan selama 2 tahun ini. Disporapar Bengkayang siap untuk memasarkan dan mengurus management event, mengundang Kru Televisi untuk publikasi ke tingkat Nasional, serta menampilkan tim pemain sape' tradisional sebagai hiburan dalam acara tersebut.


"Pada Kegiatan ini akan diresmikan Rumah Adat yang diberi nama Boni Pangah Bipokat oleh Pak Bupati, jadi nanti pada event akan diadakan penandatanganan Prasasti", kata Frans Wijaya Kabid Destinasi dan Pemasaran Disporapar Kab. Bengkayang. 



Sedangkan Diskominfo pada kegiatan Gawai kali ini mendapat tugas mendokumentasikan dan mempublikasikan dalam bentuk Live Streaming di lokasi seremonial guna memfasilitasi masyarakat yang belum bisa berkunjung secara langsung ke lokasi acara.


"Atas kesempatan yang diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkayang ini, kami siap memfasilitasi namun sebelumnya kami ingin mendapatkan informasi terkait keadaan disekitar, untuk mematangkan hal-hal yang sifatnya teknis", kata Kadis Kominfo Bengkayang, Aleksius.



Kepala Bappeda, Ucok P. Hasugian memberikan masukan terkait anggaran kegiatan, agar dapat melengkapi secara administratif seperti merampungkan proposal kegiatan serta berkoordinasi antar OPD terkait, agar menyusun anggaran kegiatan Gawai sebaik mungkin untuk menjadikan event tahunan ini lebih mudah dalam perencanaan anggaran ditahun - tahun yang akan datang. 


Kegiatan diskusi pematangan teknis persiapan Gawia Sowa' ini ditutup dengan berkunjung ke lokasi tempat diselenggarakannya acara untuk melihat penduduk sekitar yang sedang gotong royong mempersiapkan lokasi acara yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2022 nanti.


Turut hadir pada rapat tersebut, Camat Jagoi Babang, Saidin, perwakilan BPKPAD, perwakilan Disdikbud, perwakilan Disporapar, perwakilan BPPPPD, perwakilan Polsek Jagoi Babang, perwakilan Koramil, Kades Jagoi, Dedeng, Kades Sekidak, Sujianto, Ketua DAD Kec. Jagoi Babang, Nogian, Tokoh Masyarakat Daerah Jogoi Babang, Aho Kadoh serta para Staf dilingkungan Pemda Bengkayang.


Sumber : Diskominfo Kab. Bengkayang

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .