Siap Amankan Lebaran, Polres Ketapang Gelar Apel Ops Ketupat Kapuas 2022


Polres Ketapang Polda Kalbar menggelar Apel Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2022. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di halaman Mapolres Ketapang jalan Brigjend Katamso kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Jumat (22/4/2022).


Sebagai pimpinan apel adalah Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, S.E., M.Si dan dihadiri seluruh pimpinan Forkopimda Kabupaten Ketapang seperti Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, S.I.K., M.H., Ketua DPRD Ketapang M. Febriandi, S.Sos., M.Sos., Danlanal Ketapang Letkol Laut Bambang, Pasi Ops Kodim 1203 Ketapang Lettu Inf Suyatno, Kepala BNPB Ketapang Yunifar, S.STP., Kasat Pol PP Ketapang Muslimin, S.IP., serta diikuti personil gabungan Kodim 1203 Ketapang, Polres Ketapang, Kompi 643 Ketapang, Subden Brimob Ketapang, Sat Pol PP Ketapang, Dinas Perhubungan, serta BNPB Ketapang.


Apel gelar pasukan operasi ketupat Kapuas tahun ini mengambil tema "Wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah".


Dalam amanat Kapolri yang dibacakan pimpinan apel, disampaikan bahwa pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 tahun ini dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 09 Mei 2022. Dalam perayaan Idul Fitri tahun ini, Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan dijalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sehingga hal ini meningkatkan euforia warga dalam melakukan mudik untuk merayakan lebaran.


"Hal ini perlu disikapi bersama melalui langkah – langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait, agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H dimana percepatan vaksinasi serta pengamanan obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara menjadi fokus kegiatan operasi ketupat tahun ini", ujar H. Farhan.


Ditambahkannya dalam pelaksanaannya, operasi ketupat tahun ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait untuk seluruh wilayah Indonesia.


Dalam kesempatannya setelah pelaksanaan apel gelar, Kapolres Ketapang melalui Kabag Ops Kompol Yafet, S.I.K., menyampaikan, Polres Ketapang sendiri menerjunkan 80 personil Polres serta 97 personil gabungan dari instansi terkait untuk melaksanakan pengamanan selama kegiatan Operasi Ketupat 2022 di wilayah hukum Polres Ketapang. Polres Ketapang juga menyiapkan pos pengamanan yaitu Pos pengamanan pasar baru, Pos pos pelayanan di simpang perempatan bundaran ale-ale, serta pos pelayanan terpadu di bandara rahadi usman ketapang.


"Selain tiga pos tadi, Polres Ketapang juga menyiapkan 4 pos pelayanan arus mudik di 4 titik wilayah ketapang, yaitu Pos pelayanan di Kecamatan Matan Hilir Utara, Pos pelayanan di Kecamatan Nanga Tayap, Pos pelayanan Kecamatan Sandai serta Pos Pelayanan Kecamatan Simpang Hulu", jelas Yafet Kabag Ops Polres Ketapang.


Lebih lanjut Kabag Ops menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat yang ingin melaksanakan mudik lebaran untuk mengikuti vaksin sampai tahap vaksin booster, dimana hal ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi paparan virus covid – 19 selama pelaksanaan mudik lebaran.


Sumber : Jhon Ketapang

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .