Manfaatkan Peluang Usaha Tumbuhkan Ekonomi


Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi hadirnya gerai baru Kopi Satu Hati di Jalan Teuku Umar. Dia menilai konsep coffee shop Kopi Satu Hati ini menyuguhkan nuansa berbeda karena selain menjadi tempat ngopi, fasilitas olahraga berupa lapangan basket juga melengkapi pemandangan dari dalam kafe.


"Ini merupakan kolaborasi antara kafe, warung kopi, UMKM dan sarana olahraga," terangnya usai meresmikan Cafe Kopi Satu Hati, Sabtu (9/4/2022).


Edi menyebut, hal ini akan berdampak positif bagi geliat ekonomi di Kota Pontianak. Dia kemudian mengajak pelaku usaha lainnya agar produktif menggunakan setiap ruang dengan membangun usaha. Peluang yang ada hendaknya bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha terutama UMKM.


"Setiap pelaku usaha kita harapkan mampu memanfaatkan setiap sudut di Kota Pontianak," ucapnya.


Beberapa lokasi juga sudah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bagi pelaku UMKM, khususnya yang menjual makanan dan minuman. Seperti pusat kuliner yang ada di Kawasan GOR Khatulistiwa Jalan Letkol Sugiono. Tempat lainnya yang tengah dibangun adalah Waterfront segmen Taman Alun Kapuas sampai Pelabuhan Seng Hie.


"Di Kawasan Pasar Tengah nantinya akan kita jadikan sebagai pusatnya ekonomi Kota Pontianak," ungkapnya.


Namun menurut Edi, hal itu akan terwujud lewat semangat kolaborasi antar pelaku usaha. Dikatakannya, pembangunan kota akan semakin pesat jika dilakukan bersama-sama.


"Kalau ada teman kita buka usaha, jangan jadikan pesaing. Namun jadikan partner, untuk sama-sama kita membangun kota ini," imbuhnya.


Ia berharap, Kota Pontianak dikenal dan dirindukan sebagai tempat nongkrong dan di setiap sudut menyimpan kenyamanan bagi masyarakat Kota Pontianak maupun wilayah sekitar. 


"Saya mendukung kegiatan seperti ini. Semoga kolaborasi antara pelaku usaha, mulai dari usaha mikro maupun yang sudah matang bisa terjalin secara baik," pungkasnya.


Sumber : Kominfo/Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)