Dalam rangka Apel Bersama Wan TNI Tahun 2022, yang dihadiri perwakilan dari masing –masing dari  Korps Wanita TNI AD (Kowad) Kodam XII Tanjungpura, Korps Wanita TNI AL (Kowal) Lantamal XII Pontianak, dan Korps Wanita TNI AU (Wara) Lanud Supadio melaksanakan acara Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Kubu Raya, Jl. Adi Sucipto, Kel. Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (19/4/2022).


Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan Apel Bersama Wan TNI Tahun 2022, dimana sehari sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah bekerja sama dengan PMI Kota Pontianak melalui Unit Donor Darah.


Ziarah terpimpin ini diikuti  oleh perwakilan dari Tri Matra TNI AD. AL dan AU, khususnya Kowad, Kowal dan Wara yang bertugas di wilayah Kalimantan Barat.


Pelaksanaan Apel Bersama Wan TNI Tahun 2022 merupakan perintah langsung Panglima TNI dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, untuk dilaksanakan Korps Wanita TNI AL (Kowal).



Adapun momentum Ziarah yang dilakukan ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para Pahlawan atas jasa jasanya bagi bangsa dan negara.


Hal yang membanggakan seluruh Prajurit Lantamal XII bahwa di  Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria ini terdapat 9 (Sembilan), Makam yang merupakan pahlawan TNI AL diantaranya, Mayor E. Ridwan, Kapten M. Basir Abdul Madjid,  Letda Alichan,  Peltu Lamuri Syamsudin,  Klasi Abdul Salim,  PLN II G. Hukom, KMD Kapal Alkai Ptk,  Edy Tungkere Kapal Alkai Ptk dan Herman Yosef Ekono Siswoyo.


"Beristirahatlah dalam Damai Pahlawanku,

pengorbanan serta jasa-jasamu tak akan terlupakan"


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)