Komandan Kodim 1201/Mph hadiri upacara menyambut kedatangan Satgas Pangamanan Perbatasan (Pamtas) RI – Malaysia Batalyon Infanteri Mekanis 643 / Wns bertempat dilapangan Mayonif Mekanis 643 / Wns, Moton Tinggi, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (31/5/2022). 


Upacara penyambutan Personel Sangas Pamtas RI – Malaysia Yonif Mekanis 643 / Wns, dipimpin Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M.


Membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr Mayor Jenderal TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat tiba kembali di pangkalan disertai ucapan terimakasih atas pelaksanaan tugas dan pengabdian selama bertugas di daerah perbatasan. 


"Upacara penerimaan pamtas RI- Malaysia Yonmek 643/Wns yang telah melaksanakan operasi pengamanan selama kurang lebih 9 bulan di sepanjang perbatasan Indonesia - Malaysia dengan hasil oprasi yang optimaloptimal," ucap Kasdam.


Lebih lanjut ia juga menambahkan, dengan keberhasilan operasi yang telah dicapai selama penugasan diantaranya Narkoba 8 Kasus, Ilegal Entry 872 Kasus, Ilegal Trading 10 Kasus, Ilegal Logging 2 Kasus, Ilegal Satwa 6 Kasus, dan Senjata api dan Munisi Bahan Peledak. 


"Oleh karena itu atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam XII/Tpr, mengapresiasi prestasi dan keberhasilan yang telah ditorehkan tersebut," dalam amanatnya Pangdam Mayor Jenderal TNI Sulaiman Agusto. 


Sementara itu Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, tugas pokok pamtas untuk menjaga dan melindungi keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga wilayah perbatasan RI-Malaysia harus dapat menjaga keamanannya, 


"Saya mengapresiasi kinerja Satgas Yonmek 643/Wns, dalam melaksanakan visi dan misinya sebagai pasukan Pengamanan Perbatasan, yang mana telah banyak menorehkan hasil dan prestasi yang membanggakan selama penugasan di perbatasan Indonesia dan Malaysia," ucapnya.


Sumber : Pendim 1201/Mph

(Media Baru TVRI Kalbar)