Perwira Polisi Wanita Asal Bengkayang Pindah Tugas Dengan Jabatan Kasat Reskrim


Polisi Wanita asal Kabupaten bengkayang ini, adalah merupakan lulusan SMA Negeri 1 Bengkayang. Setelah mendaftar dan diterima menjadi anggota kepolisian tahun 1999, Sulastri menempuh pendidikan Bintara Polisi di Ciputat dan lulus tahun 2000.
Sejak ia berdinas di Poltabes Pontianak kala itu, ia juga menempuh pendidikan perguruan tinggi fakultas hukum Universitas Tanjungpura Pontianak.

Keberhasilannya menggapai gelar sarjana, kemudian pindah tugas dan berdinas di Polda Metro Jaya hingga tahun 2020. Selanjutnya kembali ditempatkan di Polda Kalimantan Barat, dan pernah menjabat sebagai Kapolsek Pontianak Kota hingga April 2022.

Sebagai Putri asli Kalimantan Barat, khususnya dari Suku Dayak Bakati, ia merasa bangga dapat menjadi bagian dari unsur Kepolisian Republik Indonesia.

Ia juga menuturkan, bahwa untuk menjadi seorang anggota Polri membutuhkan ketekunan dalam berlatih dan meningkatkan pengetahuan akademik. 

Selain itu semangat dan keyakinan sangat mempengaruhi keberhasilannya dalam menempuh setiap jenjang pendidikan dalam peningkatan karier, hingga ia menduduki pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

"Puji Tuhan, saya mengikuti satu kali saja test langsung lulus. Karena kita semangat, belajar, komunikasi dengan teman-teman untuk belajar bagaimana usaha dan cara supaya lulus. Berjuang dan tetap semangat", katanya saat dimintai penjelasan.


Saat ditemui beberapa waktu lalu (25/4) ia masih menjabat sebagai Kapolsek Pontianak Kota. Namun secara tidak sengaja pula, AKP Sulastri ternyata melakukan apel terakhir bersama anggota Polsek tersebut, dan ia akan mengakhiri jabatannya sebagai Kapolsek.

AKP Sulastri akan mengemban tugas yang baru di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk itu, sulastri meberikan beberapa kesan dan pesan selama bertugas untuk mewujudkan kamtibmas, khususnya diwilayah Pontianak Kota.

"Suka maupun duka bertugas di Polsek Pontianak Kota selama saya menjabat kurang lebih 1 tahun 3 bulan cukup banyak sekali ya. Apalagi baru kali ini saya menjabat sebagai Kapolsek. Sehingga menjadi tantangan bagi saya, dan perlu kerja keras, perlu belajar agar tetap bisa melayani masyarakat dengan baik.

Pesan saya kepada senior dan rekan-rekan personil Polsek Pontianak Kota, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Karena berkat kerjasama dari rekan-rekan semua sehingga saya dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab saya sebagai Kapolsek saat ini dapat berlalu tanpa masalah yang berarti. Ini semua tentunya berkat kerjasama rekan-rekan di Polsek Pontianak Kota dengan loyalitas untuk sama-sama melayani masyarakat", katanya menambahkan.

"Pesan dan harapan saya kepada rekan-rekan di Polsek Pontianak Kota ini tetap jaga nama baik dan tetap kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas. Sehingga maksimal dalam melayani masyarakat sesuai instruksi pimpinan dengan cara PRESISI", harapnya mengakhiri.

Penulis : Darius Tarigan
(Media Baru TVRI Kalbar)

0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .