Viralnya video pencegatan perjalanan Ketua Komisi V DPRR-RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus kemudian menimbulkan berbagai persepsi masyarakat, seperti yang termuat disalah satu media online yang menyatakan itu setingan.


Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengklarifikasi tentang kata "Setingan" ketika ada pencegatan terhadap rombongan Ketua komisi V DPR RI yang juga Ketua PDIP di jalan Siduk Sukadana Kabupaten Kayong Utara tersebut.


"Saya ingin menyampaikan maksud dari kata itu, kata settingan keluar dari ucapan wartawan saat itu bertanya ke saya, saya mengulang kata itu dan saya tidak tujukan pada Partai atau kegiatan pak Lazarus, kegiatan yang beliau lakukan sebagai Ketua Partai, itu hal yang biasa dan masukan yang mengingatkan pemprov untuk seriusi penanganan jalan Siduk Sukadana dan saya terima dengan senang hati", ucap Sutarmidji, Sabtu (14/5/2022) pagi.


H. Sutarmidji mengatakan ketika salah satu wartawan menyebut kata setingan pencegatan itu yang dirinya ulang. Ia mengatakan setingan itu ditujukan kepada sang penghadang yang mengira yang lewat adalah rombongan Gubernur, padahal beberapa hari sebelumnya sang penghadang tersebut sempat membagikan bantuan sembako bersama dirinya.


"Maka saya fokus hanya menilai yang dilakukan pencegat atau pengahadang rombongan pak Lasarus itu adalah setingan dia untuk cari perhatian, karena dalam benak saya tak mungkin dia tak tahu itu rombongan pak Ketua PDIP karena yang keluar dari mobil rombongan adalah dari PDI-P dan ini bentuk dari dia cari perhatian. Sekali lagi saya tegaskan, saya tidak berfikir kegiatan pencegatan itu setingan partai dan saya tidak menyebut nama dan partai", tegasnya.


Jika kemudian ada persepsi bahwa kata setingan itu ditujukan ke Partai, ia berharap agar ini bisa meluruskan persepsi tersebut.


"Saya minta maaf dan memaklumi hal itu, saya juga ucapkan terima kasih pada pak Lazarus yang minta provinsi serius tangani jalan tersebut, semoga hubungan antara provinsi dan PDI-P serta Anggota DPR dan DPRD tetap baik. Sekali lagi maaf dari saya jika ucapan setingan itu membuat teman-teman di PDIP tersinggung,” pungkasnya. 


Sumber : Tim Liputan
(Media Baru TVRI Kalbar)