Walikota Pontianak, Edi Kamtono Puji Semangat Warga Bangun Posko Damkar

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menandatangani prasasti peresmian
Posko Damkar Bhakti 28 Kelurahan Siantan Hulu


Keberadaan pemadam kebakaran (damkar) swasta yang dikelola oleh yayasan terus bertambah. Satu diantaranya Posko Damkar Bhakti 28 yang diresmikan oleh Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Posko damkar yang berlokasi di Jalan 28 Oktober Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara merupakan bentuk partisipasi masyarakat secara bergotong royong membangun posko ini.


Edi mengapresiasi semangat dan kepedulian masyarakat dalam mendirikan posko damkar untuk kepentingan bersama terutama membantu memadamkan kebakaran.


"Kita ketahui di Kota Pontianak ini semangat masyarakat sangat luar biasa dalam mendirikan posko damkar sehingga tidak heran kalau di Pontianak jumlah damkarnya lebih banyak," ujarnya usai meresmikan Posko Damkar Bhakti 28, Kamis (12/5/2022).


Saat ini tercatat jumlah posko damkar swasta di Kota Pontianak sebanyak 47 damkar. Keberadaan posko damkar tersebut sangat membantu dalam menangani kebakaran bangunan maupun lahan. Tak jarang, ketika terjadi kebakaran, damkar-damkar yang ada datang ke lokasi dengan cepat untuk membantu memadamkan api.


"Hal ini membuktikan masyarakat Kota Pontianak sangat guyub, rasa kebersamaannya tinggi dalam melakukan kegiatan sosial," katanya.


Dengan diresmikannya Posko Damkar Bhakti 28 ini, Edi berharap posko damkar ini bisa berperan membantu apabila terjadi musibah kebakaran bangunan maupun lahan. Bahkan bila diperlukan, juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan lainnya terutama sosial kemasyarakatan.


"Jadi kehadiran posko ini tidak hanya sebatas pemadam kebakaran saja, akan tetapi kegiatan lainnya juga ikut aktif," pesannya.


Ketua Posko Damkar Bhakti 28, Tjhin Dhie Sen mengungkapkan, berdirinya posko ini berawal dari keinginan dan inisiatif masyarakat di wilayah Kelurahan Siantan Hulu yang umumnya berprofesi sebagai petani.


"Dimana di wilayah kami banyak terdapat lahan pertanian yang masih bergambut sehingga rentan terjadinya kebakaran lahan," ungkapnya.


Namun menurutnya, Posko Damkar ini juga berfungsi untuk membantu memadamkan kebakaran bangunan dan lainnya. Posko Damkar yang pembangunannya mulai dilakukan sejak tahun 2021 hingga diresmikannya pada hari ini, tidak terlepas dari dukungan dan sumbangan dari para donatur.


"Kami atas nama panitia dan pengurus Damkar Bhakti 28 ini menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam dan setinggi-tingginya kepada para donatur yang sudah mendukung Posko Damkar Bhakti 28 ini," ucap Tjhin Dhie Sen.


Posko Damkar Bhakti 28 ini menelan anggaran sebesar Rp376 juta yang merupakan murni sumbangan dari para donatur. Sementara lahan tempat berdirinya posko merupakan hibah dari Yayasan Cahaya Bhakti. Jumlah armada yang siaga di posko damkar Bhakti 28 sebanyak tiga unit mobil damkar.


"Meski belum diresmikan, namun posko damkar ini sudah aktif menjalankan kegiatan-kegiatan damkar," imbuhnya.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .