Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) dr. Harisson, M. Kes., didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si. dan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Porv. Kalbar menghadiri sekaligus membuka Peringatan Acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022 (HARKIN 2022) di Taman Sepeda UNTAN, pada hari Minggu (5/6/2022).


Pada kesempatannya, Sekda Prov. Kalbar mengapresiasi kepada para Panitia atas terselenggaranya HARKIN 2022.


"Saya mengapresiasi kepada seluruh panitia dan yang telah memberikan dukungan termasuk semua peserta yang hadir di sini, semoga kita menjadi agen keterbukaan informasi menuju Kalbar terbuka dan informatif," ungkap dr. Harisson, M.Kes.


Informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang baik untuk pengembangan pribadi maupun lingkungan sosialnya, serta sebagai bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi telah diatur dalam pasal 28 UUD Republik Indonesia Tahun 1945. Untuk mewujudkan keterbukaan informasi makan ditetapkanlah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya, agar terarah hak dan kewajiban masyarakat dalam mencari hingga menggunakan informasi.


"Selain mematuhi ketentuan yang mendukung keterbukaan informasi, dalam mewujudkan keterbukaan informasi di Provinsi Kalimantan Barat pada hari ini diselenggarakan Peringatan HARKIN 2022 dengan berbagai kegiatan untuk memeriahkannya. Keterbukaan informasi juga harus dipahami seluruh masyarakat dengan memupuk semangat tersebut sejak usia dini. Maka, saya berharap jadikan kegiatan HARKIN 2022 ini sebagai upaya dan sarana dalam meningkatkan kualitas keterbukaan informasi," harapnya.



Sekda kalbar juga mengajak semua yang hadir untuk dapat memaknai peringatan HARKIN 2022 dalam mewujudkan keseimbangan antara hak dan kewajiban masyarakat dan Badan Publik sebagai penyedia informasi.


"Dalam kesempatan yang berbahagia ini, khusus bagi peserta yang berasal dari perangkat daerah Provinsi Kalimantan Barat maupun Badan Publik di Provinsi Kalimantan Barat, penting untuk disadari bahwa keterbukaan informasi sebagai bahan pelayanan publik perlu diselenggarakan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas sebagaimana sejalan prinsip Good Governance di Provinsi Kalimantan Barat", jelas Sekda Prov. Kalbar.


Mengakhiri sambutannya, Sekda Prov. Kalbar membuka secara resmi kegiatan HARKIN 2022.


"Kegiatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Barat secara resmi saya nyatakan dibuka. Selamat Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022, mari kita semua berdoa agar segala kesulitan yang terjadi akibat pandemi, menjadi sirna sehingga kita bisa bangkit bersama, berkarya dan mengisi pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat," tutupnya.(ais)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar 

(Media Baru TVRI Kalbar)