Kapendam XII/Tpr : TMMD ke-113 Sentuh Langsung Kebutuhan Masyarakat


Memasuki hari ke-24 pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di wilayah Kodam XII/Tanjungpura, Satgas TMMD di tiga wilayah terus berupaya merampungkan seluruh pekerjaan baik fisik dan non fisik, Jum'at (3/6/2022).


Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., mengatakan, sesuai hasil peninjauannya di lapangan, secara umum program TMMD ke-113 di wilayah Kodam XII/Tpr sudah dikerjakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.


Menurutnya, program-program TMMD baik fisik maupun non fisik yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD banyak mendapat apresiasi langsung dari masyarakat. Karena program TMMD ini perencanaanya disusun dengan sistem “bottom up planning” diusulkan oleh masyarakat sendiri sehingga manfaat pembangunannya dirasakan langsung oleh rakyat di lokasi TMMD.


"TMMD kali ini menyentuh langsung kebutuhan masyarakat," kata Kolonel Inf Hendra Purwanasari.


Kapendam XII/Tpr mencontohkan, dengan adanya akses jalan, yang sebelumnya susah, sekarang sudah dibuat melalui TMMD ini, sehingga hasil - hasil pertanian, perikanan dan sebagainya semua bisa terdistribusi dengan baik, ini tentunya dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.


"Hal ini tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di lokasi sasaran TMMD," katanya.


Selain dampak fisik, menurutnya juga, melalui TMMD ini kebersamaan TNI dengan Rakyat dapat terpelihara dengan baik. Hal ini terlihat dari anggota TNI yang  tergabung dalam Satgas di lapangan, mereka begitu akrab dan guyub dengan masyarakat bahkan mereka tinggal di rumah warga sehingga menjadi seperti keluarga sendiri dan setiap hari berinteraksi. 


"Disinilah letak kebersamaan itu dan Roh-nya TNI itu ada di Rakyat. Mereka manunggal, tidak ada lagi jarak antara TNI dengan Rakyat. Mereka merasa satu keluarga yang pada akhirnya dengan Kemanunggalan ini akan membentuk suatu pertahanan negara yang solid dan kuat," pungkas Kolonel Inf Hendra Purwanasari.


Sumber : Pendam XII/Tpr

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .