Satu Unit PLTU Ketapang Masuk Sistem, Kelistrikan Ketapang Berangsur Pulih


PT PLN (Persero) berhasil memperbaiki satu unit PLTU Ketapang setelah sebelumnya dua unit mesin PLTU Ketapang mengalami gangguan pada Rabu (15/6) yang menyebabkan sistem kelistrikan ketapang kehilangan daya sangat besar 16 MegaWatt (MW). 


Mahya, Manager OMH PLTU Ketapang mengonfirmasi PLTU Unit #2 sudah berhasil diperbaiki dan masuk sistem kelistrikan Ketapang, Sabtu (25/6/2022) pukul 00.04 WIB.


“Saat ini mesin PLTU Unit #2 sudah berhasil penormalan dan masuk sistem dengan suplai daya bruto 9 MegaWatt (MW),” terang Mahya.


Lebih lanjut, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ketapang (PLN UP3 Ketapang) Vicky Reandry Faradian mengatakan dengan masuknya 1 unit PLTU ke sistem kelistrikan Ketapang-Sukadana dapat menambah Daya Mampu menjadi 36 MW.


“Dengan masuknya 1 unit PLTU Ketapang ini, defisit daya berangsur membaik dari sebelumnya defisit 10 MW saat beban puncak malam, bisa ditekan hingga hanya 2 MW. Dengan ini artinya pelanggan yang terkena dampak penyalaan bergilir akan berkurang,” tutur Vicky.


Sementara itu Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Singkawang yang membawahi PLTU Ketapang, Erfan Julianto memberikan keterangan bahwa setelah berhasil penormalan PLTU Unit #2 pihaknya akan fokus pada perbaikan dan penormalan PLTU Unit #1 yang juga mengalami kerusakan.


“Saat ini kami fokus perbaikan PLTU Unit #1, kami estimasi proses perbaikan sekitar 10 hari ke depan, semoga bisa lebih cepat,” pungkas Erfan.


Sumber : Jhon Ketapang
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .