Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., dengan didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Junaidi, M.M., dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Hermanus, M.Si., beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah dengan memakai pakaian adat menghadiri Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, secara Virtual di Ruang Data Analisis Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Rabu (1/6/2022).


Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ini, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Dalam amanatnya, Presiden H. Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai media pemersatu bangsa dan bernegara, tetapi Pancasila juga menjadi penuntun bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan persoalan.


"Ini juga sudah dibukukan berkali-kali dalam sejarah perjalanan bangsa dan bernegara bahwa kita tetap berdiri kokoh menjadi Negara kuat karena berlandaskan Pancasila," ucap H. Joko Widodo.



Selain itu, Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.


"Mari kita implementasikan nilai - nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan serta interaksi antar sesama anak bangsa. Ini tugas kita bersama untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia," ajak Presiden RI.


Seusai acara, Sekretaris Daerah Prov. Kalbar mengajak untuk mengenang kembali jasa Soekarno (Presiden RI Pertama) sebagai pencetus Pancasila yang berawal dari Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung dari tanggal 29 Mei s/d 1 Juni 1945.


"Jadi tugas kita sekarang adalah benar-benar harus membumikan nilai-nilai Pancasila untuk berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia," tegas dr. Harisson, M. Kes. (Wnd)


Sumber : Adpim Prov. Kalbar 
(Media Baru TVRI Kalbar)