Ratusan pesepeda ramaikan hari sepeda dunia (World Bicycle Day) dan hari lingkungan hidup 2022, di halaman kantor bupati Ketapang, Minggu (5/6/2022) pagi. 


Tak hanya dari kalangan umum, aksi sejuta sepeda satu Indonesia tersebut juga datang dari pejabat pemerintah daerah dan instansi vertikal di Kabupaten Ketapang.


Wakil Bupati Ketapang Farhan, membuka langsung kegiatan gowes Bersama itu. Dirinya pun menyambut baik kegiatan tersebut.


Halaman Kantor Bupati Ketapang Jl. Jend Sudirman menjadi titik awal Gowes, lalu melewati Jalan S Parman, Jalan DI Panjaitan, ke arah Jalan R. Suprapto, Jalan MT. Haryono dan kembali ke Halaman Kantor Bupati Ketapang.


"Kegiatan ini sejalan dengan program Ketapang Sehat yang kita canangkan dan sekaligus menjadi bukti bahwa kita Kabupaten Ketapang hadir bersama seluruh kota-kota besar di Indonesia untuk bersama-sama melakukan sebuah gerakan bersepeda bersama," papar Farhan.


Farhan berharap, agar gowes bersama ini menjadi gerakan awal di Kabupaten Ketapang untuk menjadikan sepeda, bukan hanya sebuah trend namun menjadi sebuah gaya hidup.


"Dengan bersepeda kita mendapatkan beberapa point positif seperti dapat menjadikan tubuh kita sehat, dapat mengurangi emisi karbon sehingga tercipta lingkungan dan udara yang sehat," katanya.


Farhan mendorong Dinas Pemuda dan Olahraga Ketapang agar terus membangun kerjasama dan komunikasi yang efektif dengan komunitas-komunitas bersepeda, sehingga kegiatan ini menjadi agenda rutin dimasa yang akan datang.


"Dengan memasyarakatkan olahraga yang salah satunya bersepeda, maka program Ketapang Sehat di Kabupaten Ketapang akan terwujud dengan baik," imbuhnya.


Sumber : Jhon Ketapang

(Media Baru TVRI Kalbar)