Komandan Lanud Harry Hadisoemantri (HAD) Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han didampingi oleh Ketua Pia Ardhya Garini Cab. 18/D.I Lanud Had Ny. Nurina Pujo Wahono mengelar kegiatan Baksos yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Singkawang melaksanakan kegiatan sosial donor darah. Pada kesempatan yang sama Nakes Puskesmas Sanggau Ledo juga melaksanakan Serbuan Vaksin serta Bazar murah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan Mess Elang Lanud Had, Kec. Sanggau Ledo, Kab. Bengkayang, Kalbar. Kamis, (28/7/2022). 


Bakti Sosial donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, serta dapat lebih mencerminkan rasa sosial untuk kepentingan kemanusiaan. Hasil dari donor darah ini nantinya akan disumbangkan melalui PMI Kota Singkawang.


Saat meninjau langsung Bakti Sosial tersebut, Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han menjelaskan sangat bersyukur karena banyak pihak yang membantu percepatan vaksinasi dengan dua cara yaitu dengan cara static dan mobile. Sesuai data yang dihimpun, jumlah pendonor darah 111 orang dan diperoleh 99 kantong darah, sedangkan vaksin mencapai 91 orang.


"Capaian ini, berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, termasuk instasi kesehatan yang telah membatu dan kepada peserta juga terima kasih atas kesadarannya untuk mau divaksin", ujar Danlanud Had.


Baksos tersebut juga dirangkai dengan menggelar sembako murah  untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar Lanud, khususnya bagi warga yang kurang mampu. Berbagi kebahagiaan melalui bazar murah ini juga lebih mengenalkan keberadaan Lanud Had serta diharapkan dapat berbaur atau bersinergi dengan masyarakat Sanggau Ledo Kalimantan Barat.


"Untuk itu, komitmen TNI Angkatan Udara yang untuk tetap membantu program pemerintah dalam rangka meringankan dan memulihkan ekonomi masyarakat akibat dampak dari covid-19", tambah Danlanud.



Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dalam menyambut peringatan Hari Bakti TNI AU ke-75 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tugas demi membela, mempertahankan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengingatkan kembali kepada generasi penerus khususnya TNI AU dan TNI pada umumnya atas jasa-jasa pahlawan di masa lalu. 


Pada kegiatan tersebut, dihadiri oleh Bupati Bengkayang yang diwakili oleh Staf ahli pembangunan dan Ekonomi, Magdelina, Wakil Ketua I DPRD Kab. Bengkayang, Jhonedi, Forkopimda dan seluruh anggota Lanud Had, pengurus Pia Ardhya Garini Cab. 18/D.I Lanud Had.


Sumber : Pen Lanud Had

(Media Baru TVRI Kalbar)