Kanit Binmas Polsek Bunut Hulu Polres Kapuas Hulu, wakili Provinsi Kalimantan Barat dalam ajang nominasi Nugraha Jasa Darma Pustaloka Tahun 2022


Ditengah kesehariannya melaksanakan tugas Pokok sebagai anggota Polri empat tahun sudah Aipda Belmi Siallagan,S.A.P bersama perpustakaan Kapuas Hulu terjun di bidang  Literasi di Kapuas Hulu untuk mencerdaskan anak bangsa.

Aipda Belmi Siallagan yang kesehariannya adalah Kanit Binmas Polsek Bunut Hulu Polres Kapuas Hulu dan dikukuhkan Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu sebagai Penggiat Literasi di Kapuas Hulu.

Selain melaksanakan tugas dinas sehari- hari di Kepolisian,atas seijin pimpinan  aktif juga dalam dunia literasi dan rutin kunjungan Perpustakaan Keliling ke sekolah - sekolah baik tingkat TK SD, SMP, SMA di Kapuas Hulu.

Sampai saat ini, ia masih aktif membina di TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis dengan program Literasi Terapan Inklusif  nya belajar cukur rambut, budidaya buah naga dan puluhan ribu Ikan Lele.



Kali ini tampak Aipda  Belmi Siallagan bersama Briptu Hero melaksanakan Perpustakaan Keliling  di SD N 9 Riam Piyang Bunut Hulu disamping itu tidak lupa  mengedukasi dan mengajak siswa -siswi agar divaksin baik dosis I, dosis II dan bagi yang sudah divaksin memberikan hadiah kecil berupa coklat untuk anak -anak.


"Puji Tuhan saat ini 90 % anak didik di SDN 9 Riam Piyang sudah divaksin", ujar Belmi. 


Atas dedikasi, pikiran, waktu, tenaga selama empat tahun terakhir ini untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat melalui Literasi, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.


Dinas Perpustakaan Kalimantan Barat menunjuk dan mengusulkan Aipda Belmi Siallagan pada  Tahun 2022 untuk mewakili Provinsi Kalimantan Barat dalam ajang nominasi Nugraha Jasa Darma Pustaloka yang diselenggarakan Perpusnas di Jakarta.


Kepala Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu Abdullah Sani membenarkan hal tersebut dimana sebelumnya sudah membuat surat dan memohon ijin kepada Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohaness Siregar, S.I.K, agar anggota tersebut diijinkan dalam ajang bergengsi tersebut.


Dengan seijin pimpinan baik di Polres Kapuas Hulu maupun Kapolsek Bunut Hulu, Aipda Belmi Siallagan berangkat ke Pontianak dan membawa berkas yang diperlukan sekaligus membawa produk unggulan literasi terapan Insklusif diantara nya kerupuk,sirup bahan dari buah naga asli buatan warga Binaan nya di TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis, Senin (11/7/2022).


Kabid Pengembangan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Provinsi Kalimantan Barat  Bapak Ir. Ari Yanuarif, M.T. dan Ibu Maria Teti, S.Sos. selaku Sub Koordinator/Pustakawan Ahli Muda Provinsi Kalimantan Barat membenarkan hal tersebut dan mendorong giat tersebut berkelanjutan karena ada nilai tambahnya dimana selain mencerdaskan anak bangsa,melalui  Literasi Terapan Inklusif dapat menghasilkan produk unggulan yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar nya dan bisa meningkatkan perekonomian keluarga.


"Kita bersyukur dan berterima kasih dengan kegiatan Literasi untuk mencerdaskan anak bangsa dan literasi  Insklusif yang sudah dilakukan Bapak Polisi Aipda Belmi Siallagan ada banyak Taman Bacaan di Kalimantan Barat bisa mencontohnya", ujar Ari Yanuarif.


Ditempat terpisah Aipda Belmi Siallagan mengucapkan  terimakasih kepada Dinas Perpustakaan Kalimantan Barat dan Perpustakaan Kapuas Hulu yang sudah memebri kepercayaan sebagai Perwakilan Kalimantan Barat dan berterima kasih kepada Pimpinan atas dorongan dan bimbingan yang diberikan selama ini dan memohon doanya agar Kalimantan Barat bisa  menang di tingkat Nasional. (*)


(Media Baru TVRI Kalbar)


0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .