Komandan Lantamal XII Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si. (Han) Pimpin Upacara Bendera di Mako Lantamal XII


Mempawah, Lantamal XII - Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) memimpin langsung Upacara Bendera Hari Senin Minggu Pertama di Bulan Juli yang dilaksanakan di lapangan Apel Mako Lantamal XII Jalan Raya Wajok Hilir Kabupaten Mempawah, Senin (4/7/2022).


Upacara Bendera tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Lantamal XII, Kadis/Kasatker Perwira Staf, para Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XII serta Prajurit Yonmarhanlan XII.

Upacara Bendera setiap hari Senin awal bulan langsung diambil oleh Panglima, Komandan Satuan sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk mempererat hubungan Komandan dengan anak buah dengan memberikan berbagai informasi, arahan, bimbingan maupun penekanan yang harus dilaksanakan dan larangan yang tidak boleh dilakukan. 


Dalam amanatnya Inspektur upacara menyampaikan bahwasannya "Lantamal  XII bukan saja fungsi sebagai pelayanan tetapi juga harus melaksanakan tugas pokok sebagai prajurit TNI AL sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI dimana pada Pasal 9 mengatur tentang tugas Angkatan Laut," ujar Danlantamal dalam amanatnya.



Kemudian Danlantamal XII menyampaikan pertama, tugas TNI Angkatan Laut di bidang Pertahanan dengan menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI dari ancaman dari dalam maupun dari luar negara.


Kedua, menegakkan hukum dan menjaga keamanan diwilayah laut yuridiksi Nasional dan ini tidak dimiliki oleh matra lain, ini sudah terbukti dengan melaksanakan pemeriksaan kapal yang diduga melanggar tindak pidana dilaut sebanyak 20 kapal lebih dan diproses  penyidikan sampai diserahkan berkas dan barang bukti kejaksaan negeri.

Termasuk penangkapan minuman yang mengandung etil alkohol bekerja sama dengan Kanwil DJBC Kalimantan Barat yang mendapat apresiasi dari Pemimpin TNI AL.   


Ketiga, melaksanakan diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan pemerintah, dalam diplomasi tidak harus bertemu langsung dengan melaksanakan tugas pokok juga sudah melaksanakan diplomasi.


Keempat, melaksanakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut, dengan sudah sepenuhnya berdinas di Mako Lantamal XII di Wajok Kabupaten Mempawah merupakan suatu pengembangan kekuatan diluar Kota Pontianak.


Terakhir kelima, melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dimana Lantamal XII sudah banyak berperan dan punya nama di Kalimantan Barat walaupun baru berumur 7 tahun. 


Diakhir amanatnya Danlantamal XII menekankan untuk menjaga jatidiri dan integritas TNI Angkatan Laut dengan memegang Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL dengan tidak melakukan perbuatan tercela sehingga mencoreng nama institusi TNI AL. Sesuai dengan arahan Bapak Kasal yang harus dipedomani oleh seluruh anggota yaitu, Satuan Angkatan Laut dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat, dan tidak ada yang menyakiti dan melukai hati rakyat.


Sumber : Dispen Lantamal XII
(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .