Menparekraf RI Meninjau Pelatihan UMKM Kreatif Kabupaten Kubu Raya


Kabupaten Kubu Raya mendapatkan kunjungan kerja dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dan ini bukanlah kunjungan pertamanya di Bumi mangrove dan ekonomi kreatif Kabupaten Kubu Raya.


Kubu Raya adalah salah satu kabupaten kandidat World Mangrove Center (WMC) dengan total luas hutan mangrove 129.604,125 Ha, serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang langka antara lain Bakau Mata Buaya yang hanya terdapat di 4 negara yaitu Singapura, Malaysia, Papua Nugini dan Indonesia yakni Kabupaten Kubu Raya.


Agenda kunjungan kerja Menparekraf RI di Kabupaten Kubu Raya yakni menghadiri pelatihan UMKM Kreatif Kabupaten Kubu Raya cara pengolahan tanaman lidah buaya (aloe vera) merupakan produk andalan lokal yang diolah menjadi pruduk kecantikan lokal di Kantor Bupati Kubu Raya Jalan Arteri Supadio Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, selanjutnya peninjauan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 di Gaia Bumi Raya City Mall.


Dalam kunjungannya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno di Kantor Bupati Kubu Raya, mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat UMKM Kabupaten Kubu Raya yang diselenggarakan oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (GEMAWIRA).


Dalam sambutannya di aula Praja, Bupati Kubu Raya mengatakan, kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Kabupaten Kubu Raya memberikan kebahagian kepada warga Kubu Raya.


"Mohon Ijin saya laporkan, bahwa data geospasial Kubu Raya terkait jumlah UMKM di Kubu Raya sudah ada lebih dari 20.000, ini membuktikan bahwa ditengah pandemi UMKM dapat terus berkembang, semua memiliki harapan untuk terus berkembang dan saya ucapkan terimakasih kepada Gemawira atas dedikasinya dalam pengembangan UMKM, semoga UMKM naik kelas untuk Indonesia", terang Muda, Minggu (31/7/2022).


Sementara Menparekraf RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu pelatihan hari Minggu pagi teramai yang ia kunjungi. Menparekraf mengucapkan terimakasih atas fasilitas ruangan yang telah berkenan dipinjamkan kepada Gemawira. Ia menilai UMKM menjadi tulang punggung ekonomi kita. Ia juga berharap terus berkembang dalam memperkuat ekonomi Indonesia.


"Kita berharap hasil pelatihan hari ini terkait pemanfaatan aloevera bisa menembus Jakarta X Beauty, semoga pelatihan hari ini bisa meningkatkan penghasilan masyarakat di Kabupaten Kubu Raya. Kita berharap produk ekonomi kreatif menjadi produk yang mendunia, bisnis kecantikan merupakan bisnis yang tidak ada redupnya karena setiap wanita selalu ingin tampil cantik dan sehat", terangnya.


Dengan pelatihan pemanfaatan aloevera menjadi produk kecantikan yang menciptakan lapangan kerja sehingga membantu perekonomian ditengah lesunya perekonomian dunia, nanti produk aloevera ini akan digitalisasi oleh teman - teman sehingga bisa dipasarkan di platform digital. Kami targetkan tahun ini terciptanya 1 juta lapangan kerja baru dan 2024 tercipta 4.4 juta lapangan kerja baru, saya ingin seluruhnya berinovasi dan berkolaborasi dalam membangun ekonomi kreatif, harap Menparekraf RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA.


Kunjungan kerja Menparekraf RI dalam peninjauan Pelatihan UMKM Kreatif Kubu Raya berakhir sekira pukul 11.12 Wib dan dilanjutkan dengan agenda peninjauan Water Front City Kota Pontianak dan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 di GAIA Bumi Raya City Mall.



Disela-sela kegiatan tersebut Wakapores Kubu Raya Kompol Sandy W.G. Suawa, S.P. S.I.K., M.H., menjelaskan kunjungan kerja Menparekraf RI di Kabupaten Kubu Raya ini bertujuan peninjauan pelatihan UMKM Kreatif yang berlokasi di kantor Bupati Kubu Raya. Pelatihan pengolahan aloevera untuk dijadikan produk kecantikan lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat penggiat UMKM Kabupaten Kubu Raya.


"Selanjutnya nanti Menparekraf RI akan meninjau Water Front City di Pontianak, dan Peninjauan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 di GAIA Bumi Raya City Mall Kubu Raya", terang Wakapolres Kubu Raya.


Dalam kegiatan Menparekraf RI di Kabupaten Kubu Raya, Polres Kubu Raya menerjukan personilnya dalam memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga Kamtibmas yang kondusif.


Sumber : Humas Polres Kubu Raya 

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .