Tim Satgas Penanganan PMK Ops Aman Nusa - II Polres Kubu Raya Polda Kalbar bersama Dinas Peternakan Kubu Raya lakukan pemeriksaan setiap penggiat peternakan yang mengangakut hewan ternak yang menuju Kabupaten Kubu Raya.


Pemeriksaan hewan ternak itu dilaksanakan di ruas jalan Raya Desa Kapur, tepatnya di depan Pos Lantas Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (9/7/2022). 


"Kami lakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan ternak yang diangkut menggunakan kendaraan roda empat yang keluar masuk di Kabupaten Kubu Raya, ini pastinya upaya kami Polres Kubu Raya Polda Kalbar bersama Dinas Peternakan Kubu Raya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), ungkap Kasat Lantas Kubu Raya Iptu Apit Junaidi.  


Tak hanya itu, kata Kasat Lantas Kubu Raya, ini untuk menjamin kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H serta kebutuhan pasar yang nantinya menjadi komsumsi masyarakat luas kusus Kabupaten Kubu Raya.


Selain itu, untuk mengantisipasi masuknya hewan dari kabupaten lain, yang terpapar PMK, sehingga tidak membawa wabah ke Kabupaten Kubu Raya. 


Dikatakan, saat Tim Satgas Penanganan PMK Ops Aman Nusa - II Polres Kubu Raya Polda Kalbar bersama Dinas Peternakan Kubu Raya melakukan razia.


Petugas tetap bersikap humanis dan memberikan pemahaman kepada pemilik yang mengangkut hewan ternak menggunakan kendaraan roda empat.


"Bahwa penyekatan yang kami laksanakan upaya untuk meminimalisir penyebaran wabah PMK pada hewan ternak," jelasnya.


Ia menambahkan, Satgas akan melakukan berbagai upaya, mulai dari penyekatan, vaksinasi, hingga sosialisasi, upaya ini hendaknya dapat mengurangi penyebaran PMK di Kabupaten Kubu Raya dan diharapkan masyarakat khususnya penggiat peternak Kabupaten Kubu Raya untuk aktif membantu Polri dan pemerintah dalam pencegahan wabah PMK. 


"Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, agar penanggulangan dan pencegahan wabah PMK bisa segera teratasi," pungkasnya. (cpt)


Sumber : Humas Polres Kubu Raya
(Media Baru TVRI Kalbar)