Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya Terus Bantu Cegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak di Kabupaten Kubu Raya


Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik dengan PMK, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.Si, mengatakan pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kubu Raya untuk membantu penangan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Kubu Raya, Rabu (27/7/2022).


Ia menjelaskan bahwa jajarannya melakukan pengawasan dan pendampingan bersama dinas peternakan dan perkebunan kubu raya mencegah penyebaran wabah PMK.


"Polres Kubu Raya Polda Kalbar melalui Ops Aman Nusa II bekerja sama dengan dinas peternakan dan perkebunan kubu raya membantu mengawasi penanganan penyakit mulut dan kuku agar tidak terjadinya pergeseran ke luar dari wilayah temuan dan sebaliknya pergeseran dari wilayah luar kalimantan barat tidak masuk kewilayah Kubu Raya", kata Kapolres Kubu Raya dalam keterangganya.


Menurut Kapolres Kubu Raya, Sinergitas antara dinas peternakan dan perkebunan dan Polres Kubu Raya beserta jajarannya dapat melakukan pelacakan dan pengecekan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut terhadap heawan ternak lainnya.


"Dengan demikian, kami membantu melakukan pengawasan, penyemprotan disinfektan, edukasi dan Tracing", terang Kapolres.


Polres Kubu Raya juga akan membantu melakuakan pengecekan ketat terhadap hewan ternak dengan merujuk dari hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan.


"Melakukan pengawasan dengan cara penyekatan perdagangan hewan ternak keluar atau masuk pada wilayah Kubu Raya mengacu pada dokumen hasil pemeriksaan dokter heawan dai balai karantina Dinas Pertanian dan Peternakan", jelasnya.


Selain itu, Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya Polda Kalbar bersama dengan dinas peternakan dan pertanian bersama turun kelapangan guna memastikan kesehatan hewan ternak milik warga dengan melakukan Tracing, penyemprotan disinfektan, pemeriksaan kesehatan pada hewan dan pemberian vaksin serta pendataan hewan ternak yang terindikasi PMK.


Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.Si., menghimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan adanya wabah PMK tersebut. Dinas Peternakan dan Perkebuna Kubu Raya telah menyiapkan vaksinasi serta obat-obatan untuk diberikan kepada hewan ternak.


"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat terkhusus Kabupaten Kubu Raya tetap tenang dan jangan panik, ikuti cara pengelolahan daging hewan ternak dimasa wabah PMK dan pencegahan awal PMK, melaui brosur dan edukasi dari Tim Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya beserta Bhabinkamtibmas dikewilayahan", kata AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy.


Sumber : Humas Polres Kubu Raya

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .